News, Tekno  

WhatsApp Rilis Fitur Pembayaran Berbasis Mata Uang cripto

whatsapp cripto

Beritakito.idWhatsApp menguji coba fitur pembayaran baru yang memungkinkan pengguna mengirim dan menerima uang lewat chat berbasis cryptocurrency atau mata uang kripto. Uji coba ini berlaku untuk beberapa pengguna WhatsApp di Amerika Serikat.

Fitur pembayaran ini menggunakan Novi, sebuah dompet digital buatan Meta (perusahaan induk Facebook) yang diluncurkan beberapa waktu lalu. Pembayaran ini dapat dilakukan dengan Pax Dollars (USDP), sebuah stablecoin yang nilainya mematok dolar AS dan dikeluarkan Paxos.

Melansir The Verge, Minggu (12/12/2021), opsi pembayaran mata uang kripto ini sama seperti mengirim lampiran lain yang ada di WhatsApp. Pengguna bisa mengakses ikon klip kertas di perangkat Android atau ikon tanda tambah (+) di iOS dan pilih opsi ‘Payment‘.

Situs resmi Novi menjelaskan bahwa pengguna tidak akan dipungut biaya saat mengirim maupun menerima uang. Jumlah uang yang ditransfer juga tidak akan dibatasi.

Whatsapp Berikan Fitur Pembayaran Yang Aman, Mudah dan Instan

Pengguna juga tidak memerlukan biaya untuk menyimpan saldo di rekening Novi ataupun menarik saldonya ke rekening bank. Proses transfer ini juga dilakukan secara instan.

Novi awalnya tersedia di AS dan Guatemala, namun pengguna Guatemala tidak bisa mengakses fitur pembayaran tersebut. Sebagai pengganti, mereka hanya bisa mengakses aplikasi Novi yang terpisah dari WhatsApp.

Pembayaran ini juga tidak mempengaruhi privasi percakapan WhatsApp yang sudah terenkripsi end-to-end. Novi sendiri tersedia dalam bahasa Inggris dan Spanyol.

Penambahan fitur baru ini sebenarnya berawal dari rencana cryptocurrency Facebook yang diumumkan pada 2019 lalu. Saat itu, Facebook yang kini bernama Meta, mengumumkan peluncuran mata uang kripto bernama Libra yang diintegrasikan dengan dompet digital bernama Calibra.

Rencana ini kemudian diubah, Libra kini berganti nama menjadi Diem. Sementara Calibra berubah menjadi Novi. Akan tetapi, Novi tidak dirilis bersama mata uang kripto Diem.

Selain di AS, WhatsApp sebenarnya sudah memiliki fitur pembayaran di Brazil dan India. Bedanya, aplikasi tidak menggunakan mata uang berbasis kripto, tapi fiat.