Daerah  

Wali Murid Keluhkan Diduga Adanya Pungli Di Lakukan SMKN 1 Penukal

Wali Murid Keluhkan Diduga Adanya Pungli Di Lakukan SMKN 1 Penukal
SMKN 1 Penukal

PALI, Kenapa harus ada pungli disekolah? Sebagaimana amanat Undang-Undang Dasar 1945, Pemerintah pusat dan Pemerintah Daerah harus menjamin setiap anak untuk mengikuti program wajib belajar tanpa memungut biaya.

Agar bisa terlaksanakan sekolah gratis, setiap sekolah diberikan bantuan untuk melaksakan operasional dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar terebut atau dana BOS.

Maka sekolah yang telah mendapat bantuan BOS tersebut tidak diperkenankan lagi untuk memungut biaya atau sumbangan dari para peserta didiknya atau wali murid

Juga dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 44 Tahun 2012. Dalam Pasal 9 Ayat 1 menyebutkan, satuan pendidikan dasar yang diselenggarakan oleh pemerintah, dan / atau pemerintah daerah dilarang memungut biaya satuan pendidikan.

Namun demikian, Sepertinya peringatan itu tidaklah membuat oknum oknum disekolah, terutama sekolah negeri mentaati aturan. Tetap saja dengan bermacam alasan. Dan yang lebih sering mengkambing hitamkan ” Komite Sekolah “, padahal yang dimaksud komite sekolah disini tidak lebih dari oknum oknum yang disinyalir ikut kongkalikong melakukan pelanggaran ini.

Seperti yang terjadi di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 (SMKN 1) Penukal Kecamatan Penukal Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Provinsi Sumatera Selatan.

Sekolah Negeri ini, pada tahun anggaran 2022/2023, ketika masyarakat masih ngos – ngosan menghadapi kesulitan ekonomi di situasi Pandemi covid -19. Dengan sangat beraninya memungut biaya dari para wali murid, tidak tanggung tanggung sebesar dari Rp 500.000 hingga Rp 900.000,- setiap siswa.