Berita  

Wakil Bupati Bangka Barat mengajak para guru untuk membuat belajar menjadi menyenangkan.

Wabup Bangka Barat ajak guru ciptakan pembelajaran menyenangkan

Mentok, Babel (ANTARA) – Bong Ming Ming mengajak Wakil Gubernur Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.

Wakil Perdana Menteri Bangka Barat Bong Ming Ming dari Mentok pada hari Sabtu mengatakan, “Upaya untuk menumbuhkan suasana belajar mengajar yang menyenangkan ini sejalan dengan kurikulum mandiri yang diluncurkan oleh Nadiem Makarim dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.”

Baca lebih lanjut: Guru: Kursus pendidikan mandiri menyenangkan bagi siswa.

Menurutnya, kurikulum Merdeka yang diluncurkan untuk membantu guru dan siswa di masa pandemi COVID-19 dinilai efektif mengurangi dampak hilangnya kesenangan dan pembelajaran yang membebaskan.

Seiring berjalannya waktu, bahkan siswa saat ini tidak perlu lagi khawatir untuk lulus ujian. Sebab, evaluasi nasional saat ini tidak dimaksudkan untuk menghukum guru atau siswa, melainkan sebagai sumber refleksi yang dapat memotivasi guru untuk terus belajar.

Kepala sekolah juga diharapkan termotivasi dan aktif bersaing untuk meningkatkan kualitas sekolah dan menjadi lebih inklusif.

BACA JUGA: Kurikulum mandiri memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar bagaimana bekerja sama.

Bong Ming Ming mengatakan para pendidik saat ini, termasuk guru dan orang tua, harus saling melengkapi, berkolaborasi, menjadi lebih kuat dan bekerja lebih bersemangat untuk menyediakan ruang kreatif dan inovatif bagi siswa dan guru.

“Pola belajar mandiri ini memberikan peluang untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi, menjadikan kegiatan belajar mengajar lebih menyenangkan dan mengasyikkan, meningkatkan kualitas pendidikan di Bangka Barat,” ujarnya.

Dengan meningkatnya kualitas pendidikan, diharapkan capaian program pengembangan sumber daya manusia daerah dapat membantu mewujudkan mobil barat yang lebih berdaya saing global, maju, sejahtera dan bermartabat.

Baca Juga: Kemendikbudristek: Kurikulum Mandiri Kembalikan Siswa ke Alam.

“Untuk sampai ke titik ini, kami mengajak seluruh karyawan kami untuk terus membangun budaya kerja dengan semangat bergairah, disiplin, lebih baik dan lebih produktif,” ujarnya.

Reporter: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Bambang Sutopo Hardy
HAK CIPTA © ANTARA 2022