Gagal Ujian Praktik SIM C Sampai 16 Kali, Begini Tips biar Kamu Lulus

Gagal Ujian Praktik SIM C sampai 16 Kali, Begini Tips biar Lulus

Beritakito.id – Belum lama ini, ramai diberitakan seorang pemuda yang gagal ujian praktik sim untuk pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) C, hingga 16 kali. Namun, dia tetap gigih untuk berlatih agar lulus.

Dikutip dari Kompas Regional, kejadian tersebut berlokasi di Gresik, Jawa Timur. Pemuda bernama Andrian tersebut mengaku selalu tidak lulus dalam ujian praktik, khususnya tes zig-zag.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani, mengatakan, dalam melakukan pembuatan SIM memang diperlukan kesiapan, di antaranya selain biaya, kesehatan, juga pengetahuan umum rambu lalu lintas untuk tes teori.

“Selain itu, juga calon pembuat SIM harus mampu mengendarai kendaraan yang akan diujinya, misal mobil untuk SIM A dan motor untuk SIM C,” ujar Agus, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Ujian Praktik SIM di Indonesia Berbeda Dengan Negara Lain

Foto: Ujian praktik sim di jalan zig zag

“Untuk tes praktek di Indonesia memang agak sedikit berbeda dari negara lain yang kelihatannya lebih mudah. Sedangkan tes praktik di Indonesia, harus melalui beberapa sesi, di antaranya zig-zag, angka 8, pengereman, dan putar balik dengan jarak yang terbilang amat terbatas,” katanya.

Agus menambahkan, calon pembuat SIM harus selalu berlatih agar dapat lulus tanpa kendala saat ujian praktek.