Berita  

Tank kilang Irak menembak dalam serangan rudal

Serangan rudal sebabkan kebakaran tank di kilang minyak di Irak

Erbil, Irak (Antara) – Pada hari Minggu (1 Mei) serangan rudal terhadap kilang di Erbil, Irak utara, membakar salah satu tangki utama kilang Irak.

Pasukan keamanan Irak mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa api telah padam.

Pasukan keamanan Irak mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa rudal itu juga mendarat di pagar di luar kilang dan tidak ada korban yang dilaporkan.

Baca juga: Lebanon serahkan 337 artefak kuno ke Irak

Minggu pagi, otoritas anti-terorisme Kurdi mengatakan enam rudal dijatuhkan di dekat kilang milik perusahaan KAR di Erbil, dan rudal diluncurkan dari provinsi Nineveh.

Pasukan keamanan Irak mengatakan mereka menemukan landasan peluncuran dan empat rudal di dataran Niniwe tak lama setelah serangan itu dan segera memindahkan rudal tersebut.

Pada 6 April, total tiga rudal jatuh di dekat kilang minyak, dan tidak ada korban.

Baca juga: Jet Tempur Turki Serang Target Milisi Kurdi di Irak, Suriah

Sebuah sumber di pemerintah daerah Kurdistan mengatakan kepada Reuters bahwa kilang itu dimiliki oleh seorang pengusaha Kurdi Irak bernama Baz Karim Barzanji, yang merupakan CEO KAR Group, sebuah perusahaan energi domestik besar.

Pada bulan Maret, Iran menyerang Erbil dengan 12 rudal balistik dalam serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya di ibu kota wilayah otonomi Kurdi Irak.

Serangan rudal balistik tampaknya ditujukan ke Amerika Serikat dan sekutunya. Hanya satu orang yang terluka dalam serangan ini.

Sumber: Reuters

BACA JUGA: AS Akan Bantu Irak Tingkatkan Kemampuannya Cegat Rudal Iran

BACA JUGA: Mahkamah Agung Irak Larang Zebari Mencalonkan Sebagai Presiden

Diterjemahkan oleh: Yuni Arisandi Shina
Editor: Farda Aceaf
HAK CIPTA © ANTARA 2022