Tekno  

Semua yang perlu Anda ketahui tentang Manajer Perdagangan Facebook

Semua yang perlu Anda ketahui tentang Manajer Perdagangan Facebook

Apakah Anda merek yang menjual produk atau layanan di Facebook atau Instagram? Menyiapkan Facebook Commerce Manager dapat membantu. Bahkan jika Anda ingin beriklan di platform yang dimiliki meta ini, akun Commerce Manager memiliki keunggulan utama.

bonus: Unduh panduan gratis Kami menunjukkan cara mengubah lalu lintas Facebook menjadi penjualan dalam 4 langkah dengan Hootsuite.

Apa itu Manajer Perdagangan Facebook?

Meta’s Commerce Manager adalah alat yang memungkinkan bisnis untuk mengelola dan melacak penjualan dan promosi berbasis katalog di platform Meta seperti Instagram dan Facebook.

Jika Anda menggunakan Checkout di metaplatform (lebih lanjut tentang kelayakan di bawah), Commerce Manager menyediakan semua fitur yang Anda butuhkan untuk menjual dan menerima pembayaran langsung melalui Facebook dan Instagram.

  • Lihat pembayaran, laporan keuangan, dan formulir pajak
  • Manajemen persediaan
  • Memenuhi pesanan dan memproses pengembalian
  • Memberikan perlindungan pembelian
  • Menanggapi pesan pelanggan dan menyelesaikan perselisihan
  • Analisis metrik pengiriman dan layanan pelanggan

Pengelola Kolaborasi Facebook juga membantu Anda memaksimalkan iklan Facebook dan Instagram serta mengumpulkan wawasan tentang pelanggan Anda.

Siapa yang dapat menggunakan Pengelola Niaga Facebook?

Siapa pun dapat menyiapkan katalog di Commerce Manager, tetapi hanya bisnis yang menjual produk fisik yang dapat menyiapkan toko mereka ke tingkat berikutnya di Facebook atau Instagram. Dan hanya bisnis yang berbasis di Amerika Serikat yang dapat mengaktifkan pembayaran dasar dalam platform di Facebook atau Instagram.

Jika Anda menjual produk atau layanan digital, Anda juga dapat menggunakan Commerce Manager untuk menyiapkan katalog untuk iklan sosial. Anda dapat memiliki beberapa katalog di Commerce Manager untuk tujuan periklanan, tetapi hanya satu katalog yang dapat dikaitkan dengan toko.

Sebelum menyiapkan akun Commerce Manager, Anda harus menjadi Manajer Bisnis atau akun Suite Bisnis. Jika tidak, periksa petunjuknya.

Bagaimana memulai dengan Manajer Perdagangan Facebook

Sebelum Anda mulai, akses Commerce Manager dari: https://business.facebook.com/commerce.

Langkah 1: Buat katalog pertama Anda

menuju ke manajer perdagangan Pilih akun bisnis yang ingin Anda gunakan dari menu sebelah kiri.

Jelajahi Manajer Perdagangan Facebook

gulir ke bawah katalog klik +Tambahkan katalog. Pilih jenis penawaran untuk ditambahkan ke katalog. Ingatlah bahwa hanya produk e-niaga yang dapat ditambahkan ke toko Anda. Setelah itu Selanjutnya.

Pengaturan Manajer Perdagangan Facebook - Pilih Jenis Katalog

Pilih apakah akan mengunggah informasi katalog Anda secara langsung atau dari mitra seperti Shopify atau WooCommerce. beri nama katalog membuatKemudian Lihat katalog.

Pengaturan Akun Manajer Perdagangan Facebook - Pilih Cara Menambahkan Informasi Produk

Langkah 2: Tambahkan item ke katalog

di katalog Tambahkan item. Kemudian pilih bagaimana Anda ingin mengimpor item. Yang Anda butuhkan hanyalah beberapa dan Anda dapat menambahkannya secara manual. Jika tidak, spreadsheet, platform mitra, atau piksel meta.

Tambahkan item secara manual ke katalog Toko Facebook Anda

Ketika Anda telah membuat pilihan Anda, klik Next. Selanjutnya.

Langkah 3: Pengaturan Toko (Hanya Produk Asli)

Jika Anda menjual produk fisik, Anda dapat menggunakan katalog untuk menyiapkan toko Anda. Lewati langkah ini jika Anda menjual sesuatu yang lain, seperti layanan atau produk digital.

di menu kiri tokoKemudian pergi ke tokoKemudian Selanjutnya. Anda dapat memilih dari dua opsi:

Opsi 1: Perusahaan yang berbasis di AS

Jika Anda tinggal di AS, Anda dapat memilih: Bayar dengan Facebook atau Instagram. Setelah itu Mulailah Sekali lagi, lewati ke langkah 4 dari petunjuk ini untuk informasi lebih lanjut tentang cara menyiapkan akun perdagangan.

Opsi 2: Bisnis yang berbasis di geografi lain

Jika Anda berbasis di tempat lain, Anda harus memilih: Pembayaran dari situs web lain atau bayar lewat pesan. Setelah itu Selanjutnya.

Pilih akun yang ingin Anda jual, lalu Selanjutnya. Pilih akun bisnis Facebook yang ingin Anda tautkan ke toko Anda, lalu Selanjutnya lagi. Pilih negara tujuan pengiriman, lalu Selanjutnya Sekali lagi.

Setelah menyetujui ulasan belanja dengan mengklik kotak centang Penyiapan selesai.

Ikhtisar Toko Facebook di Pengaturan

Setelah toko Anda ditinjau, itu akan ditambahkan sebagai tab ke halaman Facebook Anda.

"toko" Tab di Halaman Facebook

Langkah 4: Siapkan akun perdagangan Anda (khusus bisnis yang berbasis di AS)

setelah klik Mulailah Di bawah Cek di Facebook atau InstagramTinjau persyaratan untuk menyiapkan akun perdagangan dan Selanjutnya.

Catatan: Sebelum kita melangkah lebih jauh, beberapa item yang ingin saya kumpulkan termasuk nomor pajak (negara bagian dan federal), alamat dan email bisnis resmi, informasi perwakilan bisnis dan SSN, dan kategori penjual.

Di bawah informasi bisnisklik pengaturan Masukkan nama bisnis Anda, lalu Selanjutnya. Tautkan akun Anda ke halaman Facebook Anda, lalu Selanjutnya lagi. Terakhir, tautkan akun Anda ke akun Pengelola Bisnis Anda dan Penyiapan selesai.

kembali ke Buat akun perdagangan halaman dan klik Mulailah Di bawah Produk dan pengaturan. Pilih katalog Anda, masukkan opsi pengiriman Anda, dan Selanjutnya.

Masukkan kebijakan pengembalian dan email layanan pelanggan Anda, lalu klik. menyimpan.

lagi Buat akun perdagangan halaman, klik Mulailah Di bawah pembayaran. Masukkan alamat fisik dan alamat email bisnis Anda, dan Selanjutnya.

Siapkan pembayaran di Facebook Commerce Manager

Pilih kategori bisnis dan klik di atasnya. Selanjutnya lagi. Pilih negara bagian di mana Anda melakukan bisnis, masukkan nomor registrasi pajak negara bagian yang relevan, lalu Selanjutnya.

Masukkan informasi pajak dan kontak bisnis Anda. Ini diwajibkan menurut hukum AS untuk menerima pembayaran dari penjualan. klik Selanjutnya.

Masukkan informasi bank Anda untuk pembayaran dan klik Penyiapan selesai.

Cara menggunakan Pengelola Perdagangan Facebook sebagai merek

Manajemen toko Facebook dan Instagram

Commerce Manager menyediakan banyak fitur untuk toko Facebook dan Instagram. Jika Anda menggunakan Checkout di platform Meta, Commerce Manager menyediakan semua fitur yang Anda butuhkan untuk menjual dan membayar langsung melalui Facebook dan Instagram.

  • Lihat pembayaran, laporan keuangan, dan formulir pajak
  • Manajemen persediaan
  • Memenuhi pesanan dan memproses pengembalian
  • Memberikan perlindungan pembelian
  • Menanggapi pesan pelanggan dan menyelesaikan perselisihan
  • Analisis metrik pengiriman dan layanan pelanggan

Anda juga dapat mengunggah informasi khusus negara sehingga pelanggan dapat secara otomatis melihat harga dan bahasa yang disesuaikan berdasarkan tempat tinggal mereka.

Jika Anda menggunakan platform e-niaga seperti Shopify atau WooCommerce, Anda juga dapat mengintegrasikannya dengan Commerce Manager.

Commerce Manager membawa semua informasi penjualan Facebook dan Instagram Anda di satu tempat, sehingga Anda dapat terus memperbarui inventaris Anda dan tidak pernah melewatkan pengiriman pesanan.

Ringkasan Pesanan di Facebook Commerce Manager

sumber: meta

Saat Anda menandai pesanan Anda sebagai terkirim, pembayaran langsung masuk ke rekening bank Anda. Anda dapat melihat pembayaran Anda kapan saja di tab Pembayaran di Commerce Manager.

Dapatkan lebih banyak fitur dari iklan meta

Katalog dan set produk yang dibuat di Commerce Manager memungkinkan beberapa Jenis iklan Facebook dan Instagram:

Kumpulkan wawasan tentang pelanggan dan toko

Facebook Commerce Manager menyediakan banyak data analitik tentang bisnis Anda. klik Wawasan Di tab kiri Commerce Manager, Anda dapat melihat halaman ringkasan dengan metrik utama seperti klik halaman produk. Anda dapat memilih untuk melihat wawasan tentang produk Anda di Facebook atau Instagram.

Anda juga dapat menelusuri metrik yang lebih detail dengan mengeklik berbagai laporan yang tersedia di menu sebelah kiri.

Buka Wawasan Manajer Perdagangan Facebook

Inilah yang akan Anda temukan di setiap laporan:

Pemantauan Kesehatan Akun Perdagangan

Untuk memelihara akun perdagangan di platform Meta, Anda harus: Kualifikasi Komersial Dan Kebijakan Penjual. yang banyak status akun Tab memungkinkan Anda untuk melihat seberapa baik Anda memenuhi persyaratan ini dan memberikan informasi tentang seberapa baik Anda melayani pelanggan Anda.

Menganalisis status akun Anda di Facebook Commerce Manager

sumber: cetak biru meta

Anda dapat memantau kinerja pengiriman, kinerja layanan pelanggan, peringkat, dan ulasan.

Wawasan di sini cukup terperinci. Misalnya, Anda dapat melihat seberapa sering paket tiba tepat waktu atau seberapa sering pelanggan membantah tagihan.

Terhubung dengan pembeli di Facebook dan Instagram dan ubah percakapan pelanggan menjadi penjualan dengan Heyday, alat AI interaktif khusus untuk pengecer perdagangan sosial. Berikan pengalaman pelanggan bintang 5 dalam skala besar.

Permintaan Demo Perdana

Ubah percakapan layanan pelanggan menjadi penjualan dengan Heyday. Tingkatkan waktu respons dan jual lebih banyak produk. benar-benar memeriksanya.