Sempat Jadi Buronan, Koboi Kampung ini Dipelor

Tersangka Yeyen (depan). foto: istimewa

KAYU AGUNG, BERITAKITO.ID – Yeyen (28) warga, Desa Panca Warna, Kecamatan Pedamaran Timur (Petir), Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), akhirnya dihadiahi panas di betis kaki kanannya oleh Tim Macan Komering Polsek Cengal.

Pasalnya, pelaku telah menembak korban Adil (17) warga, Desa Sungai Jeruju, Kecamatan Cengal OKI, pada Sabtu 21 Januari lalu sekitar pukul 07.00 WIB di Dusun Rawang Bukit, Desa Pelimbangan, Kecamatan Cengal, OKI.

“Pelaku berhasil ditangkap oleh tim Macan Komering Polsek Cengal, saat pelaku sedang berjalan kaki. Pada saat penangkapan pelaku melakukan perlawanan kepada petugas sehingga dilakukan tindakan tegas dan terukur, ” kata Kapolres OKI AKBP Dili Yanto SH MH melalui Kasubag Humas Iptu Ganda Manik SH, Rabu (27/10).

Tersangka ditangkap, Selasa (26/10) sekitar pukul 20.00. Penangkapan dipimpin langsung oleh Kapolsek Cengal Ipda Fera Endeka SH. Sebelum ditangkap, petugas menndapat informasi tentang keberadaan tersangka.

Kapolsek memerintahkan Kanit Reskrim bersama anggota untuk melakukan penangkapan ke wilayah Pedamaran Timur. Setelah tiba di Polsek Pedamaran Timur sekira pukul 16.00, koordinasi dengan Kapolsek Petir untuk melakukan pemetaan dan menyusun strategi.

“Barulah sekira pukul 17.00 WIB, Team Macan Komering Polsek Cengal dengan di-back up Unit Reskrim Polsek Petir berangkat menuju sasaran yang ditempuh dengan berjalan kaki,” jelas Manik.

Kemudian pada pukul 20.00 WIB, team tiba di lokasi sasaran dan melihat tersangka sedang berjalan dengan menggunakan senter dan senjata tajam jenis parang di tangan. Saat akan ditangkap, tersangka melakukan perlawanan dengan parang.

Sehingga petugas memberikan tembakan peringatan agar pelaku menyerah, tapi tidak dihiraukan. Petugas memberikan tindakan tegas dan terukur.

“Akhirnya pelaku keok setelah timah panas bersarang di kaki sebelah kanan. Kini pelaku berikut barang bukti berupa satu bilah parang panjang dan satu bilah pisau jenis badik, diamankan di Polsek Cengal untuk dilakukan pemeriksaan,” jelas Manik. (nis)