Berita  

SEA Game Note – Masker tidak lagi wajib di jalanan Vietnam.

Catatan SEA Games- masker tak lagi wajib dikenakan di jalanan Vietnam

HANOI, VIETNAM (ANTARA) – Di Indonesia, khususnya Jakarta, sudah menjadi kebiasaan dan wajib memakai masker saat keluar rumah. Jika tidak memakai masker akan terasa asing, canggung, bahkan menarik perhatian orang-orang di sekitar.

Sebagian orang begitu terbiasa menutup hidung dan mulut dengan masker sehingga bepergian tanpa masker terasa seperti telanjang.

Namun, pemandangan berbeda ditemukan di Hanoi, ibu kota Vietnam. Kehidupan di negeri Paman Ho tampaknya berjalan normal seperti sebelum wabah. Meski pandemi global COVID-19 belum sepenuhnya pulih, banyak orang yang tidak begitu peduli dengan masker.

Kondisi ini ditemukan setelah tiba di Bandara Internasional Hanoi Noi Bai. Bukan hanya petugas bandara yang tidak lagi memakai masker, tapi juga petugas imigrasi yang tidak menanyakan hasil tes COVID-19 atau meminta wisatawan asing mengunduh aplikasi COVID-19 negaranya.

Relawan SEA Games juga berekspresi santai menyambut kedatangan delegasi, tanpa topeng.

Begitu pula para relawan di stadion SEA Games dan Main Press Center (MPC) sudah melepas masker, meski berinteraksi dengan perwakilan dan atlet non reguler.

Bukan hanya itu, tetapi juga pengemudi aplikasi ojek online yang beberapa kali saya temui di Vietnam. kurang pengetahuan Ini karena mereka enggan memakai masker saat membawa penumpang akibat COVID-19.

BACA JUGA: Catatan SEA Games – Jarak antar stadion sangat jauh.

Hal yang sama juga terjadi pada upacara pembukaan SEA Games Vietnam yang diadakan di Stadion Nasional My Dinh di Hanoi. Meski stadion dipenuhi kursi penonton yang mampu menampung 40.000 orang, banyak orang yang masuk tanpa mengenakan masker.

Para penonton dan relawan, serta polisi dan aparat keamanan setempat yang bergerak untuk menjaga kelangsungan acara, bahkan tidak mengenakan masker.

Lain halnya dengan Jakarta, di mana polisi bisa saja datang dan menghimbau agar masyarakat mematuhi aturan kesehatan dan memakai masker.

Hong Ngoc yang berbasis di Hanoi mengakui bahwa orang Vietnam tidak terlalu peduli dengan penggunaan masker.

Namun, Hong meyakini ancaman COVID-19 masih ada dan selalu menggunakan masker di tempat umum.

Rep. Hong mengatakan, “Pemerintah masih merekomendasikan memakai masker, tapi sekarang tidak wajib seperti dulu.”

“Tapi menurut saya lebih baik tetap pakai masker demi kesehatan saat berada di tempat umum. Makanya saya selalu pakai masker.”

Warga lainnya mengaku tidak membutuhkan masker lagi karena sudah mendapat dosis ketiga atau booster.pemacu).

BACA: Catatan SEA Games – Penghalang Inggris di Vietnam

Reporter: Sophie Ayudiana
Editor: Jafar M Sidik
HAK CIPTA © ANTARA 2022