Berita  

Putin Peringatkan Finlandia untuk Tidak Bergabung dengan NATO

Putin peringatkan Finlandia untuk tidak jadi anggota NATO

Situasi keamanan Finlandia berubah setelah invasi besar-besaran Rusia ke Ukraina pada Februari 2022

MOSKOW (Antara) – Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan kepada Presiden Finlandia Sauli Ninisto bahwa meninggalkan netralitas dan bergabung dengan NATO adalah langkah salah yang dapat merusak hubungan bilateral, kata Kremlin.

Rusia dan Finlandia mengatakan presiden berbicara melalui telepon dua hari setelah Finlandia mengumumkan akan bergabung dengan Aliansi Barat.

Pemerintah Rusia melihat niat ini sebagai ancaman keamanan dan memaksa mereka untuk mengambil tindakan. Tidak disebutkan tindakan seperti apa yang dimaksud.

Kantor Niinisto mengatakan presiden Finlandia telah memberi tahu Putin bahwa “pada akhir 2021, persyaratan dasar Rusia ditujukan untuk mencegah negara-negara bergabung dengan NATO”.

Baca juga: Finlandia, Prospek Swedia untuk Aksesi NATO Dibahas di Pertemuan NATO

“Situasi keamanan di Finlandia telah berubah setelah invasi besar-besaran Rusia ke Ukraina pada Februari 2022,” kata Ninisto kepada Putin.

Dia mengatakan dia ingin Finlandia menangani hubungan dengan negara tetangga Rusia dengan cara yang “benar dan profesional”.

“Presiden Vladimir Putin menekankan bahwa akan salah jika mengabaikan kebijakan netralitas militer tradisional karena tidak ada ancaman keamanan yang dihadapi Finlandia,” kata Kremlin.

“Perubahan dalam kebijakan luar negeri nasional ini dapat berdampak negatif pada hubungan Rusia-Finlandia,” kata Kremlin.

Moskow menggambarkan percakapan telepon antara kedua pemimpin itu sebagai “pertukaran pendapat yang jujur.” Penjelasan seperti itu biasanya berarti bahwa percakapan itu sulit.

Mengikuti rencana keanggotaan Finlandia, Swedia diperkirakan akan melakukan langkah serupa.

Perluasan keanggotaan NATO ke negara-negara yang berbatasan dengan Rusia telah ditentang oleh Putin dan merupakan alasan dimulainya invasi 24 Februari ke Ukraina.

Sumber: Reuters

BACA JUGA: Negara Yunani Siap Terima Finlandia, Swedia dari NATO
BACA: Menlu Swedia: Finlandia Hampir Pasti Ajukan Keanggotaan NATO.

Diterjemahkan oleh: Tia Mutiasari
Editor: Mulyo Suniyoto
HAK CIPTA © ANTARA 2022