Jokowi Berkemah di Titik Nol IKN, Paspampres Sebar Garam di Sekitar Tenda

Jokowi Berkemah di Titik Nol IKN, Paspampres Sebar Garam di Sekitar Tenda
Jokowi berkemah di titik nol IKN pada Senin, 14 Maret 2022. //Dok. Sekretariat Presiden/Agus Suparto

Beritakito.id – Presiden Jokowi (Joko Widodo) berkemah di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur pada Senin, 14 Maret 2022.

Sebelum berkemah, Jokowi beserta para Gubernur dari seluruh Indonesia melaksanakan ritual penggabungan tanah dan air dalam prosesi Kendi Nusantara.

Satu per satu gubernur dan perwakilan dari 33 provinsi menyerahkan tanah dan air dari daerah mereka masing-masing kepada Jokowi.

Agenda dilanjutkan dengan penanaman pohon bersama sejumlah pejabat hingga pada malam harinya, Presiden Jokowi tidur di sebuah tenda.

Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) melakukan sejumlah pengamanan selama agenda kunjungan Presiden Jokowi berlangsung.

Selain itu, sebanyak 2.064 personel yang terdiri dari gabungan TNI, Polri, dan Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Kaltim juga ikut dikerahkan.

Ring I menjadi wilayah pengamanan Paspampres. Sedangkan TNI dan Polri melakukan pengamanan di Ring II dan Ring III.

Danpaspampres Mayjen Tri Budi Utomo memaparkan sejumlah pengamanan yang dilakukan pihaknya guna mengantisipasi potensi gangguan.

Paspampres Sebar Garam di Sekitar Tenda Presiden Jokowi

Kawasan kemah Presiden Jokowi di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara merupakan daerah endemik malaria.

Oleh karena itu, Tri memaparkan bahwa pihaknya sudah melakukan upaya sterilisasi dengan fogging hingga menyebar garam di sekitar tenda.

“Di sana kita sudah laksanakan pencegahan khususnya malaria dengan fogging. Kemudian juga untuk keamanan lainnya di sekitaran tenda-tenda, terutama VVIP, sudah kita sebarkan juga seperti garam, untuk mengantisipasi binatang melata, dan itu juga anti-ular,” katanya dalam konferensi pers yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Minggu, 13 Maret 2022.

Pada malam harinya, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana menginap di dalam tenda berjenis inflatable air berwarna putih.

Tenda itu memiliki kapasitas untuk menampung dua orang di dalamnya pun turut disediakan pula meja berisi makanan dan minuman.

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono mengungkapkan bahwa Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor berkemah di lokasi yang berdekatan dengan Presiden Jokowi.

“Iya (berkemah) bersama Ibu Negara. Gubernur hanya Gubernur Kalimantan Timur saja,” kata Budi Hartono pada Senin, 14 Maret 2022 dikutip Pikiran-rakyat.com dari Antara.***