Polisi Ungkap Tersangka Pelaku Pembunuh Pria Yang Ditemukan Tinggal Kerangka

Polisi Tangkap Pelaku Pembunuh Pria yang Ditemukan Tinggal Kerangka

Beritakito.id – Anggota Polres Musi Rawas, Sumsel akhirnya ungkap tersangka pelaku pembunuh pria yang ditemukan tinggal kerangka dan berhasil meringkus Maryanto (52) warga Desa Kampung III, Desa Beliti Baru, Kecamatan Muara Beliti, Kabupaten Musi Rawas.

Maryanto merupakan pelaku pembunuhan terhadap korban Agus Wanto (46) warga SP 10, Desa Pian Raya, Kecamatan Muara Lakitan, Kabupaten Musi Rawas.

Sebelumnya, korban ditemukan warga dengan kondisi tinggal tulang belulang dan tengkorak kepala hilang di bawah jembatan Sungai Musi, Desa Tambangan, Kecamatan BTS Ulu, Kabupaten Musi Rawas, pada Kamis (27/1/2022) sekitar pukul 16.30 WIB.

Motif Pelaku Pembunuhan

Hasil penyelidikan, tersangka melakukan pembunuhan tersebut karena ritual penggandaan uang. Maryanto ditangkap Tim Landak Polres Musi Rawas, pada Senin (31/1/2022) tanpa perlawanan.

Kapolres Musi Rawas, AKBP Achmad Gusti Hartono melalui Kasat Reskrim, AKP Dedi Rahmat Hidayat menjelaskan, kasus ini terungkap berdasarkan hasil penyelidikan dan keterangan saksi. “Sebelumnya ada saksi yang melihat Maryanto berjalan beriringan dengan korban mengendarai sepeda motor masing-masing,” jelas Kasat Reskrim, Selasa (1/2/2022).

Menurut keterangan istri korban, Sukinem (40) suaminya pergi bersama tersangka, ketika itu sama-sama mau ke tempat ritual penggandaan uang. “Hasil penyelidikan tersebut terungkap identitas kediaman tersangka. Kemudian kami gerebek,” tegas mantan Kasat Reskrim Polres Muratara tersebut.

Korban Agus Wanto pergi dari rumahnya, SP 10, Desa Pian Raya, Kecamatan Muara Lakitan, pada Senin (18/1/2022) dengan mengendarai sepeda motor Honda Revo.

“Korban sendirian pergi dari rumah membawa uang cas Rp50 juta, dua ponsel Infinix, ATM, dan buku tabungan istrinya, serta membawa tas selempang warga hitam dan ransel abu-abu,” bebernya.

Tujuan korban, untuk bertemu temannya Yanto di Desa Beliti, tepatnya tidak jauh dari bundaran. Usai pamit dari rumah, sekitar pukul 15.00 WIB korban Agus Wanto sempat mampir ke rumah adik iparnya, Yakub dan meminjam uang Rp100 ribu, kemudian pergi lagi.

Pada Selasa (19/1/2022) sekitar pukul 08.00 WIB, korban kembali mampir. Kali ini meminta rokok, kemudian pamit mau pulang. Setelah itu korban menghilang, dan akhirnya ditemukan oleh Sanuri (23) warga Desa Tambangan, Kecamatan BTS Ulu, Kabupaten Musi Rawas yang sedang mencari rumput.