News  

Pihak Sekolah SMKN 1 Penukal PALI Akhirnya Batalkan Pungutan Biaya

Pihak Sekolah SMKN 1 Penukal PALI Akhirnya Batalkan Pungutan Biaya
SMKN 1 Penukal PALI

PALI – Setelah heboh, akhirnya Kepala Sekolah SMKN 1 Penukal Kecamatan Penukal Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Provinsi Sumatera Selatan, Drs. Akhmad Sunanto membatalkan pungutan dan akan mengembalikan uang yang sudah di bayar ke pihak sekolah ke wali pelajar.

Hal itu disampaikan Drs Akhmad Sunanto kepada media ini, Senin, (28/03/2022)

”Dirinya sebagai kepala sekolah SMKN 1 Penukal membatalkan pungutan kepada wali pelajar SMKN 1 Penukal Dan bagi wali yang sudah membayar akan di kembalikan lagi ke wali siswa ” Katanya.

Sebelumnya Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) pada tahun ajaran 2022/ 2023 dihebohkan dengan adanya pungutan dana terhadap wali pelajar di SMKN 1 Penukal Kecamatan Penukal, untuk kelas 1 sebesar Rp 500 ribu, sedangkan kelas 2 dan kelas 3 sebesar Rp 900 ribu.

Nasir Pidin, salah seorang wali pelajar SMKN 1 Penukal sangat mengeluhkan pungutan tersebut. Karena menurut dia pungutan senilai itu, bukanlah uang yang sedikit. Apalagi saat ini masyarakat tengah menghadapi kesulitan ekonomi karena situasi pandemi covid – 19.

Selain itu, lanjut dia, pungutan itu sangat tidak sejalan dengan amanat Undang-Undang Dasar 1945, yang mana Pemerintah pusat dan Pemerintah Daerah menjamin setiap anak untuk mengikuti program wajib belajar tanpa memungut biaya.

Dan juga dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 44 Tahun 2012. Dalam Pasal 9 Ayat 1 menyebutkan, satuan pendidikan dasar yang diselenggarakan oleh pemerintah, dan/atau pemerintah daerah dilarang memungut biaya satuan pendidikan.

Selanjutnya, Nasir Pidin, dengan adanya pembatalan itu, dirinya mewakili semua wali pelajar sangat mengapresiasi tindakan kepala sekolah SMKN 1 Penukal itu.