Pencuri Kawat Milik Perusahaan Diringkus di Rumah Istrinya

Pelaku bersama barang bukti kawat diamankan di Polsek Air Sugihan. Foto: Niskiah/sumeks.co

KAYU AGUNG, BERITAKITO.ID – Tim Macan Komering Polsek Air Sugihan berhasil meringkus pelaku pencurian kawat galfanis (kawat pengikat) milik PT OKI Pulp and Paper Mills di Desa Bukit Batu, Kecamatan Air Sugihan, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

Peristiwa penangkapan itu Jumat (29/10) sekira pukul 03.00 wib, dengan pelakunya Didik Abdilah alias Didi (47) warga, Jalan Radial Rusun, kelurahan 26 Ilir, Kecamatan Ilir Barat II, Palembang tanpa perlawanan.

“Pelaku ditangkap saat sedang berada di rumah istrinya di Dusun Jeti, Desa Bukit Batu Kecamatan Air Sugihan OKI,” ungkap Kapolres OKI AKBP Dili Yanto SH MH melalui Kasubag Humas Polres OKI, Iptu Ganda Manik SH, kepada Sumeks. Co, Minggu (31/10).

Dijelaskannya, dari keterangan Kapolsek Air Sugihan Ipda Indra Gunawan pencurian yang dilakukan oleh pelaku terjadi pada Rabu (27/10) sekira pukul 22.00 wib dan terulang kembali pada hari Kamis (28/10), sekira pukul 12.00 wib. Dari hasil pemeriksaan terhadap diduga pelaku Didik, mengaku melakukan pencurian tersebut bersama dua rekannya yang lain yaitu Andre dan Hendri keduanya DPO.

Lanjut Manik, aksi pelaku dengan rekannya ini yaitu dengan cara merusak kawat pengikat kontainer yang berada dipinggir Sungai Baung Desa Bukit Batu, yakni dengan menggunakan gergaji besi. Kemudian masuk ke dalam konteiner dan mengambil kawat dengann cara dipotong menggunakan tang.

“Atas kejadian tersebut kata kapolsek pihak perusahaan mengalami kerugian lebih kurang 3 ton kawat dan ditafsir dengan nilai uang sekitar Rp 78.225.180, ” terangnya.

Dalam penangkapan pelaku ini, Kapolsek berbekal dari hasil pemeriksaan terhadap saksi yang curiga terhadap seseorang, sehingga Kapolsek Air Sugihan didampingi Kanit reskrim dan team melakukan penyelidikan dan membuahkan hasil. Dengan menangkap pelaku.

“Guna mempertanggung jawabkan perbuatannya kini pelaku Didik berikut barang bukti kawat lebih kurang 2 ton, 2 unit perahu ketek serta 1 unit gergaji besi, diamankan di polsek Air Sugihan. Sementara untuk kedua rekan pelaku diterbitkan DPO, ” pungkas Manik.