Masih Beredar Oli Palsu di Pasar, Begini Caranya Supaya Tidak Tertipu

Masih Beredar Oli Palsu di Pasar, Begini Caranya Supaya Tidak Tertipu
Masih Beredar Oli Palsu di Pasar, Begini Caranya Supaya Tidak Tertipu

Beritakito.id – Pelumas atau oli merupakan salah satu bagian yang penting pada sistem transmisi, khususnya mobil matik.

Tanpa pelumas yang baik, performa atau usia transmisi akan berkurang. Untuk itu, kualitasnya juga perlu dijaga.

Belum lama ini, beredar video di media sosial TikTok yang diunggah oleh @bjmindonesia. Dalam video tersebut, diperlihatkan adanya oli transmisi palsu dengan kemasan Toyota Motor Oil (TMO).

Disebutkan dalam video tersebut bahwa keduanya sama-sama oli transmisi TMO untuk CVT FE. Dari kemasannya, dikatakan bahwa sulit untuk membedakannya. Namun, isinya terlihat sangat berbeda.

Viral video di tiktok tentang oli palsu

Oli transmisi yang asli disebutkan berwarna merah. Sementara yang disebut oli palsu, tampilannya berwarna kuning dan sedikit lebih bening.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, mengatakan, agar tidak tertipu membeli oli yang palsu, sebenarnya caranya cukup mudah, yakni beli di bengkel resmi Toyota.

“Dijamin genuine (asli). Karena TAM tidak menjual oli ke selain bengkel Toyota, untuk menghindari oli palsu,” ujar Didi, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Didi menambahkan, pihaknya tidak tahu bagaimana oli TMO bisa dijual oleh pihak lain. Menurutnya, bisa saja ada yang memalsukannya lalu dijual ke toko onderdil.