7 Daftar Lowongan Pekerjaan Yang Paling Banyak Dicari Lima Tahun ke Depan

Lowongan pekerjaan
Banner Iklan Sariksa

BERITAKITO.ID – Dari tahun ke tahun, lowongan pekerjaan di pergerakan dunia kerja terbilang sangat dinamis. Dunia kerja terus mengikuti pembaruan yang saat ini berdampingan dengan perkembangan teknologi.

Jenis profesi baru juga banyak bermunculan untuk menyesuaikan keadaan. World Economic Forum (WEF) merilis laporannya yang memprediksi beberapa pekerjaan paling banyak dicari.

Khususnya dalam 5 tahun ke depan atau 2025, pekerjaan tersebut berpotensi naik daun karena bersamaan dengan pertumbuhan teknologi digital yang cukup pesat.

Berikut daftar lowongan pekerjaan yang nantinya bakal banyak dicari dalam lima tahun kedepan seperti dilansir dari Glassdoor :

1. Data Analysts and Scientists

Orang yang berprofesi sebagai data analysts bertanggung jawab dalam mengelola serta menyajikan sebuah data. Sementara data scientists bertugas mengumpulkan segala macam data yang nantinya menjadi bahan untuk dianalisis.

Data analysts and scientists tidak hanya bekerja di ranah statistik, tetapi hampir seluruh instansi membutuhkan pekerjaan ini.

2. Spesialis AI (artificial intelligence)

Inovasi teknologi dengan bantuan kecerdasan buatan atau AI memang sudah banyak diproduksi serta digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Tapi, di balik kecanggihan itu ada orang-orang yang berperan penting untuk membantu memprogram supaya sistem tersebut berjalan lancar sesuai standarnya.

3. Big Data Specialist

Pekerjaan paling banyak dicari selanjutnya yaitu big data specialist, di mana kemampuan yang harus dimiliki adalah mengelola data dalam jumlah besar.

Big data specialist harus bekerja sama dengan data analysts, data scientists, sampai database administrator. Tugas utamanya menerjemahkan algoritma komputer ke dalam prototipe. Dimana hal itu berfungsi untuk meningkatkan aksesibilitas data.

4. Digital Marketing Specialist

Digital Marketing Specialist, (Sumber: DHA Digital)

Digital marketing specialist berperan penting dalam kegiatan pemasaran atau promosi suatu produk supaya mencapai tujuan sesuai standar perusahaan.

Selain meningkatkan pemasaran, digital marketing juga harus mampu merencanakan serta mengembangkan inovasi dalam mengidentifikasi pasar penjualan.

5. Process Automation Specialist

Process automation specialist sangat membutuhkan ketelitian tingkat tinggi. Pasalnya, profesi ini berkaitan dengan pemeliharaan fasilitas atau alat kerja.

Orang yang bertanggung jawab sebagai process automation specialist akan mengembangkan teknologi suatu sistem yang sifatnya bisa dilakukan berulang, namun tidak manual. Pekerjaan tersebut banyak diperlukan di perusahaan pembuat mesin.

6. Business Development Professionals

Business development professionals (BD) dari level junior sampai senior bisa berkecimpung di berbagai industri seperti konstruksi, makanan, manufaktur, dan lainnya.

Peran seorang BD dalam perusahaan yaitu sebagai jembatan antara pelanggan, target pemasaran. Mereka juga sangat penting menjaga relasi bisnis.

7. Information Security Analysts

Information Security Analysts, (Sumber: CPO Magazine)

Semakin pesat perkembangan teknologi digital maka risikonya juga semakin tinggi. Tak heran jika kini banyak perusahaan yang berupaya meningkatkan proteksi dari sisi keamanan informasi.

Oleh karena itu, posisi information security analysts atau analis keamanan informasi menjadi bagian dari pekerjaan paling banyak dicari untuk berbagai sektor.

Profesi ini membutuhkan keahlian khusus, terutama ketika monitoring permasalahan sistem terkait keamanan perusahaan.