Berita  

Liverpool memenangkan Piala FA melalui adu penalti

Liverpool juara Piala FA setelah menang adu penalti

JAKARTA (ANTARA) – Liverpool menjadi juara Piala FA Inggris pada Sabtu setelah kedua tim memenangkan adu penalti 6-5 dalam 120 menit tanpa kedua tim mencetak gol di final melawan Chelsea di Wembley, Sabtu.

Pergantian Costas Cimicas mencetak gol untuk kemenangan Liverpool setelah tembakan kapten Chelsea César Aspilicueta membentur tiang dan kiper Alisson menyelamatkan penalti Mason Mount dari tendangan penalti.

Sadio Mane menjadi satu-satunya kiper penalti Liverpool.

Hasil itu merupakan ulangan final Piala Liga pada Februari, di mana Liverpool menang adu penalti 11-10. Pertandingan berakhir tanpa gol.

Kemenangan Sabtu ini membawa Liverpool meraih empat trofi, yang jika berhasil akan menjadi yang pertama bagi mereka.

Liverpool tiga poin di belakang Manchester City dalam perburuan gelar Liga Premier dengan dua pertandingan tersisa dan akan menghadapi Real Madrid di final Liga Champions pada 28 Mei.

Baca Juga: Klopp Minta Liverpool Tunjukkan Versi Terbaiknya Lawan Chelsea

Seperti di final Piala Liga terakhir, kedua tim bermain imbang tanpa gol selama 120 menit sebelum adu penalti kembali menentukan pertandingan.

Liverpool sempat unggul lebih dulu melalui Luis Diaz. Bola terobosan Trent Alexander-Arnold melihat Naby Keita menangkap rebound tetapi melihat Diaz hampir mencetak gol kecuali kiper Edouard Mendy memblokirnya sebelum gagal mencetak gol.

Chelsea merespon dengan baik tekanan Liverpool ketika Christian Pulisic semakin dekat pada menit ke-23 setelah 1-2 gol indah dari Mount dan Rees James dari sayap kanan.

Segera setelah itu, umpan silang Pulisic membuat Marcos Alonso menciptakan peluang mencetak gol, tetapi Alisson dengan cepat keluar dari gawang untuk menolak bek Chelsea.

BACA JUGA: Cristiano Ronaldo Yakin Erik ten Hag Bisa Bertahan di Manchester United

Liverpool mengalami pukulan dengan Mohamed Salah dikeluarkan dari lapangan karena cedera pada menit ke-33. Diogo Jota masuk menggantikannya, menciptakan banyak peluang bagus sebelum turun minum.

Sementara tendangan bebas Alonso membentur tiang, Chelsea menekan sesaat setelah turun minum yang memungkinkan Pulisic melakukan penyelamatan bagus untuk Alisson.

Liverpool memiliki peluang emas untuk memenangkan pertandingan ketika umpan silang James Milner dari pemain pengganti melihat Andy Robertson, tetapi sayangnya serangan jarak dekat gelandang The Reds membentur tiang.

Liverpool mendapat pukulan lagi sebelum perpanjangan waktu ketika Virgil van Dijk cedera dan Joel Matip diganti.

Kedua tim tidak membuat terobosan dalam perpanjangan waktu 2×15 menit, yang berarti adu penalti kedua musim ini.

BACA JUGA: Conte Sarankan Artet Fokus ke Tim dan Jangan Terlalu Banyak Mengeluh.

Reporter: Jafar M Sidik
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksno
HAK CIPTA © ANTARA 2022