Berita  

Jiu-Jitsu memenangkan medali perunggu di SEA Games

Jujitsu sumbang medali perunggu SEA Games

HANOI (ANTARA) – Tim Jiu-Jitsu Indonesia membawa pulang medali perunggu SEA Games kelas 62kg putra yang diraih Sunardi di Dan Phuong Gym, Hanoi, Sabtu.

Sunardi meraih medali perunggu dengan melewati metode round robin di mana ia bertemu lima negara dan mencetak poin, serta mengalahkan pemain Malaysia Chin Hong Teu.

Manajer Jujitsu Mahesa Arba mengakui dalam sebuah pernyataan pers pada hari Sabtu bahwa hasilnya tidak seperti yang diharapkan karena tujuan sebenarnya Sunardi adalah untuk memenangkan medali emas.

“Sebenarnya ini bukan yang saya harapkan karena dia pemain terbaik di kelas 62. Mungkin karena penurunan berat badan yang cepat dari 72 menjadi 62.”

Sunardi yang sedang berusaha menurunkan berat badan, mengetahui bahwa timbangan tersebut memiliki berat 68 kg saat tiba di Hanoi dan harus melanjutkan program penurunan berat badannya selama di sana hingga mencapai 62 kg. Diyakini bahwa penurunan berat badan yang tajam menyebabkan atlet mengalami dehidrasi.

BACA JUGA: Ranking SEA Games 2021: Indonesia Kembali Posisi Ketiga, Thailand Melonjak

Katanya, “Sebenarnya setelah angkat beban, berat badan saya naik lagi. Tapi konsentrasi saya turun banyak. Ini pertama kali buat Sunardi. Ini yang terakhir potong karena melebihi ekspektasi saya.”

Meski mengecewakan bagi tim Jiu-Jitsu Indonesia, upaya Sunardi meraih medali perunggu tetap diapresiasi.

“Maaf saya tidak bisa memberikan medali emas. Besok ada dua pesilat yang bertanding. Insya Allah kita akan mendapatkan hasil yang bagus,” kata Mahesa.

Baca juga: Tim nasional 3×3 putri raih medali perunggu di SEA Games, beregu putra tanpa medali.

Reporter: Zuhdiar Laeis
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksno
HAK CIPTA © ANTARA 2022