Berita  

Humaniora Kemarin, Tes ISBAT Mengembalikan aliran di berbagai bidang

Humaniora kemarin, sidang isbat hingga arus mudik di sejumlah daerah

Jakarta (ANTARA) – Dari pemerintah yang diamanahkan untuk menurunkan 1 Syawal 1443 Hijriah pada Senin hingga suasana sejumlah aliran mudik, banyak bidang berita humaniora yang masih menarik untuk ditonton dan menyita perhatian pembaca pada Minggu.

Berikut adalah rangkuman dari Sunday’s Humanities News.

1. Hasil Sidang Isbat Besok Senin Keputusan Idul Fitri

Sidang Isbat yang dipimpin Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di Kantor Kementerian Agama Jakarta, Minggu, menetapkan Idul Fitri atau 1 Syawal 1443 Hijriah jatuh pada Senin 2 Mei 2022.

“Dalam kesepakatan sebelumnya, sidang isbat diputuskan tanggal 1 Syawal 1443 Hijriyah jatuh pada Senin 2 Mei 2022,” kata Yaqut dalam konferensi pers yang digelar secara online di Jakarta.

Yaqut menjelaskan, dalam persidangan tersebut, Tim Unifikasi Kalender Hijriah di bawah Kementerian Agama sepakat dengan keputusan tersebut karena dua alasan: 33,57 menit.

2. Polres Cianjur Buka Tempat Istirahat Pemudik di Puncak dan Haurwangi

Polres Cianjur Jawa Barat telah membuka dua tempat peristirahatan lengkap di Puncak Pass dan Haurwangi bagi pemudik yang ingin melepas penat sebelum melanjutkan perjalanan pulang.

Kapolres AKBP Doni Hermawan di Cianjur mengatakan, Sabtu, dengan tingginya volume kendaraan pulang-pergi yang melewati jalur utama Cianjur, pihaknya sebenarnya telah mengirimkan peringatan ke 12 Pos Pam yang bisa dijadikan tempat berteduh bagi pemudik yang lelah bepergian. .

“Untuk dua rest area yang ada, seperti rest area Bukit Punjak dan Rest Area Sita untuk melepas penat pemudik, mushola, supermarket, matras lipat, tempat charging baterai handphone, dan tukang pijat,” ujarnya. .

3. 3.253 penumpang kapal tiba di Pelabuhan Pangkalbalam

Kantor Koordinasi Angkutan Laut Pelabuhan Pangkalbalam mencatat 3.253 penumpang dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta dan Tanjung Pandan Belitung tiba di Pelabuhan Pangkalbalam pada Minggu.

Ferdiansyah, Direktur Posko Perhubungan Laut Pelabuhan Pangkalbalam di Pangkalpinang, Minggu, mengatakan, terjadi peningkatan jumlah penumpang yang datang menggunakan kapal di hari terakhir kepulangannya tahun ini.

Dikatakannya, jumlah penumpang kapal dari Pelabuhan Tanjung Priok dan Tanjung Pandan Belitung Jakarta yang turun di Pelabuhan D-1 Pangkalbalam sebanyak 3.253, naik dari D-2 sebanyak 3.155.

4. BNPB mendukung provokasi untuk memperkuat pos-pos di pelabuhan dan bandara

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendukung keberadaan posko untuk meningkatkan protokol kesehatan di bandara, pelabuhan, atau persimpangan.

Abdul Muhari, Pj Direktur Pusat Data dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, mengatakan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu, “Upaya ini untuk memperkuat disiplin protokol kesehatan bagi warga yang mudik lebaran.”

5. Jalur wisata di Gilimanuk Crossing berlanjut hingga Minggu.

Di pelabuhan Gilimanuk di Kabupaten Jembrana, jalur utama kembali ke Jawa-Bali, antrian pemudik dengan ribuan kendaraan, terutama mobil pribadi dan truk, berlanjut hingga Minggu pagi.

Wartawan ANTARA di Gilimanuk, Minggu mengatakan, sejak Kamis (28/4) hingga Minggu, antrean panjang kendaraan, kebanyakan mobil pribadi, mulai terbentuk.

Untuk mengurai antrean, aparat kepolisian melakukan rekayasa lalu lintas dengan mengarahkan bus dan kendaraan touring dari jalur utama Denpasar-Gilimanuk menuju parkiran LCM marina.

Khusus pemudik yang mengendarai mobil dan motor sendiri dihimbau untuk memasuki jalan desa sungai I, dan mobilnya bergerak menuju sungai II dan III desa Gilimanuk.

Reporter: Asep Firmansyah
Editor: Adi Biru
HAK CIPTA © ANTARA 2022