Tekno  

HMD Global Rilis Nokia T20, Tablet dengan Layar 2K dan Baterai Besar

BERITAKITO.ID – Meningkatnya hybrid working dan belajar secara online selama masa pandemi mengarah pada peningkatan minat terhadap tablet. Hal ini diungkapkan melalui data yang dipaparkan HMD Global dimana pertumbuhan pengguna tablet sebesar 53% di Q1 sejak 2020 hingga 20211.

Melihat peluang ini, HMD Global meluncurkan tablet Nokia pertamanya untuk menjawab kebutuhan tersebut.Tablet yang diberi nama Nokia T20 ini diklaim menghadirkan kualitas klasik ponsel Nokia ke layar lebih besar dengan sejumlah fitur serbaguna dan daya baterai lebih lama.

“Dirancang untuk bekerja, belajar dan bermain, Nokia T20 menawarkan kualitas klasik yang digemari banyak orang dan yang mereka harapkan dari smartphone kami dalam sebuah format baru,” ujar Florian Seiche, CEO, HMD Global.

Baca juga : Cara Buka Unlock IMEI Yang Diblokir Kemenprin Untuk Semua Jaringan

Ben Wood, Chief Analyst at CCS Insight menambahkan, “Ada pertumbuhan yang signifikan di pasar tablet. Laporan Connected Consumer Radar terbaru kami menggarisbawahi betapa pentingnya kategori ini, 27% pemilik tablet melihat perangkat tersebut memberikan nilai lebih sejak pandemi dimulai.

”Secara spesifikasi, Nokia T20 dipersenjatai dengan prosesor Octa-core Unisoc T610. Prosesor ini memiliki dua core Cortex-A75 dengan clock 1.8GHz dan enam core Cortex-A55 dengan clock 1.8GHz. Kapasitas RAM-nya sebesar 4 GB serta memori penyimpanan internal 64 GB.

Tidak ketinggalan dukungan penggunaan microSD hingga kapasitas 512 GB.Yang menarik, layarnya berukuran 10,4 inci memiliki resolusi cukup tinggi yaitu 2K atau 1200 x 2000 pixels dengan rasio aspek 5:3. Menggunakan panel IPS LCD, layarnya sudah disematkan lapisan anti gores.

Sementara kapasitas baterainya cukup besar, yaitu 8.200 watt yang mendukung fitur Fast Charging 18 Watt. HMD Global mengklaim bataerainya dapat digunakan selama 15 jam untuk menjelajah web, melakukan tujuh jam conference call, atau nonton film terbaru bersama keluarga selama 10 jam.

Untuk pencitraan, bagian belakangnya disematkan satu kamera dengan resolusi 8 MP serta satu kamera 5 MP di bagian depan. Nokia T20 menggunakan material berbahan aluminium serta sudah mendapatkan sertifkasi IP52 yang artinya tahan terhadap debu dan percikan air.

Baca juga : Windows 11 Resmi Tersedia Gratis untuk Diunduh, Cek Pembaruannya

Nokia T20 tersedia dalam dua pilihan konektivitas yaitu WiFi only dan WiFi serta jaringan LTE menggunakan kartu SIM. Untuk fitur lainnya mencakup audio dengan teknologi OZO Audio serta fitur Face Unlock.Seperti halnya ponsel Nokia, keamanan dan software menjadi fokus utama. Peningkatan OS selama dua tahun untuk dua tingkat Android dan pembaruan keamanan bulanan selama tiga tahun untuk membantu melindungi perangkat dari ancaman terkini.

Tablet terbaru ini juga bekerja secara selaras dengan HMD Enable Pro, solusi enterprise mobility management yang dirancang untuk kemudahan dalam penggunakan dan pengelolaan perangkat yang digunakan dari interface yang terpadu.

Baca juga : Whatsapp Akan Rilis Pembaruan Fitur Hapus Pesan Otomatis di iOS

Ditujukan pula untuk anak-anak, Nokia T20 hadir dengan Google Kids Space yang bisa digunakan dalam mengeksplorasi aplikasi, buku dan video. Aplikasi ini bekerja secara paralel dengan akun Google anak dan orangtua dapat membantu mengelolanya dengan bantuan aplikasi Family Link.

Untuk ketersediaannya, Nokia T20 baru akan diluncurkan di Eropa pada tanggal 11 Oktober 2021. Hadir dalam pilihan warna Deep Ocean, Nokia T20 versi WiFi Only dibanderol seharga 180 pounsterling atau sekitar Rp3,4 juta. Dan versi WiFi+Cellular punya harga 200 pounsterling atau sekitar Rp3,8 juta.