Headhunter : 6 Skill Yang Dibutuhkan dan Tips Memilihnya.

headhunter
Banner Iklan Sariksa

BERITAKITO.ID – Headhunter adalah profesi konsultan mengenai rekrutmen atau pencarian kandidat dimana pada umumnya terkhusus untuk posisi pada level manajer sampai dengan direktur, kandidat yang dipilihpun sesuai dengan kualifikasi yang diminta oleh klien yang berasal dari perusahaan. Dapatkan perusahaan headhunter terbaik dan terpercaya melalui headhunter Jakarta. Berikut skill – skill yang dibutuhkan seorang headhunter

Skill yang Dibutuhkan Seorang Headhunter

1. Memahami lingkungan dan tren bisnis saat ini

Digitalisasi saat ini telah memiliki memengaruhi hampir seluruh aspek bisnis mulai dai hulu hingga hilir, mulai dari bahan baku hingga distribusi.

Ini menjadi tantangan bagi seorang konsultan yang berprofesi dibidang ini, karena ia akan terus-menerus berhadapan dengan topik ini dalam percakapan dengan klien dan calon potensial.

Klien juga akan terus mencoba mencari tahu apakah konsultan ini selalu mengikuti perkembangan bisnis setidaknya dalam satu dekade terakhir.

Dengan begitu, sebagai konsultan harus terus memperbaharui pengetahuan mereka seputar bisnis terkini.

2. Memiliki keterampilan sales

Headhunter ibarat seorang sales yang mampu “menjual” kemampuan kandidat yang ditawarkannya kepada perusahaan.

Keterampilan sales ini terintegrasi dalam seluruh proses headhunting.

Tidak hanya mampu menawarkan calon kandidat kepada klien, headhunter juga harus mampu menarik minat calon kandidat potensial pada posisi yang ditawarkan.

3. Mampu melakukan analisis

Biasanya, konsultan ini tidak mencari kandidat terbaik tetapi yang paling sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan.

Proses tersebut tidak hanya mempertimbangkan kemampuan kandidat, namun juga kepribadian dan dinamika emosionalnya.

Oleh karena itu, ketika seorang konsultanmewawancarai kandidat potensial untuk pertama kalinya, ia harus mampu mengevaluasi bagaimana kandidat tersebut akan cocok dengan tim atau berinteraksi dengan manajer, tim manajemen, atau pemangku kepentingan dari perusahaan klien.

Headhunter

4. Memahami teknologi

Selain memahami perkembangan teknologi saat ini, para konsultan ini juga harus mampu mengelola berbagai aplikasi dan software yang digunakan dalam proses rekrutmen.

Hal itu terutama aplikasi dan software yang berkaitan dengan menemukan dan mencari informasi penting dengan cepat.

Headhunter yang baik tidak hanya menggunakan email namun juga berbagai aplikasi media sosial untuk menemukan kandidat yang tepat dan sesuai.

5. Mampu membangun networking

Teknologi telah membuat semua informasi tersedia dengan cepat. Akan tetapi, membangun dan memelihara networking tetaplah penting.

Terlepas dari kecepatan digitalisasi, manfaat networking memiliki pengaruh yang besar dalam proses headhunting.

Sebagian besar para konsultan ini mengandalkan networking yang telah dibangunnya untuk menemukan kandidat yang tepat dan akurat.

6. Kerahasiaan

Terkadang, headhunter yang merupakan konsultan diminta untuk mencari kandidat yang dapat mengisi posisi-posisi penting. Posisi ini dapat mempengaruhi setiap aktifitas dari proses produksi sampai produksi bahkan pengambilan keputusan dalam perusahaan.

Headhunter

Tips Memilih Headhunter

Kenali track record perusahaan

Seperti biasa untuk melihat sebuah perusahaan tersebut baik atau tidak adalah dengan melihat jejak karirnya dan sepak terjangnya dalam industri yang mereka jalani. Saran dari kami prioritaskan untuk memilih perusahaan konsultan yang berpengalaman dengan afiliasi dan profil company yang jelas seperti ProCapita.

Cari headhunter yang berkredibilitas

Ciri-ciri headhunter yang memilki kredibilitas tinggi adalah dengan tidak meminta pembayaran atau biaya dalam bentuk apapun kepada kandidat, dan hanya akan menagihkan pembayaran terhadap perusahaan sebagai kliennya. Pastikan Anda melihat ketentuan dan kebijakan dalam melakukan kesepakatan dengan Headhunter melalui Jakarta executive search. Logikanya adalah bila ia mendapatkan komisi dari kandidat, bagaimana ia akan dengan obyektif memberikan assessment atau penilaian tentang kandidat.

Memastikan headhunter memilki pengetahuan 

Yang selanjutnya juga sangat penting, perusahaan sebagai klien wajib memastikan konsultan mereka memilki knowledge tentang industri atau bisnis yang klien bidangi, dan memilki pengalaman menangani perusahaan yang sama seperti perusahaan anda. Hal ini akan sangat bermanfaat nantinya ketika para konsultan ini mencarikan kandidat yang benar-benar menguasai posisi yang disiapkan perusahaan serta expert dalam bisnis atau industri perusahaan.

Keahlian khusus dalam menentukan kandidat

Pastikan juga anda menanyakan bagaimana mereka menentukan seorang kandidat yang pantas, walaupun setiap perusahaan headhunter memilki caranya yang berbeda-beda namun hal ini juga layak anda tanyakan untuk mengetahui tindakan profesional apa yang mereka ambil untuk menguji seorang kandidat.