Cara Mengubah Bahasa di Instagram agar Mudah Digunakan

Kalian pengguna aktif media sosial? Hampir semua jenis aplikasi tersebut berasal dari luar negeri. Itulah sebabnya, perlu tahu cara mengubah bahasa di Instagram. Tujuannya tidak lain adalah agar mudah pengoperasiannya.

Kendati mahir berbahasa asing, contohnya English, berselancar media sosial berbahasa Indonesia tentu lebih terasa nyaman. Jadi, tidak ada salahnya mengubah pengaturan preferensi bahasanya.

Cara Mengubah Bahasa Inggris di Instagram

Jika menjumpai bahwa Instagram kalian masih berbahasa Inggris, tidak perlu khawatir, karena masih bisa mengubahnya. Jadi, nantinya akun tersebut akan menggunakan bahasa Indonesia.

Berikut ini adalah cara mengubahnya.

  • Masuk ke Instagram, selanjutnya akses profil.
  • Ketuk pada ikon tiga garis.
  • Lanjutkan dengan klik pada simbol roda gerigi untuk mengakses menu “Pengaturan.” 
  • Klik pada opsi “Preferensi.”
  • Selanjutnya pilih “Bahasa.” 
  • Cari dan klik pada bahasa yang kalian inginkan. 

Dengan melakukan cara ganti bahasa di Instagram tersebut, maka preferensinya langsung berubah. Hal ini tentu memudahkan, karena tidak ada istilah yang asing lagi.

Mengatasi Instagram yang Sedang Diubah Bahasa

Tahukah kalian, ada kalanya saat akan mengakses Instagram, muncul notifikasi “Bahasa sedang diubah ke bahasa Indonesia”. Saat mengalaminya, tentu merasa kesal, karena jadi gagal masuk ke Instagram.

Bagi akun pribadi, mungkin tidak berpengaruh banyak. Lain halnya jika menggunakan mode bisnis, gagal akses Instagram akibat suatu error, bisa sangat berpengaruh pada pekerjaan harian.

Untuk bisa mengatasi cara mengubah setting bahasa di Instagram yang gagal, cobalah beberapa langkah berikut ini.

1. Hapus Cache

Nyatanya, file sampah ini akan menumpuk dan membebani kinerja smartphone. Pada akhirnya mengakibatkan error dan gagal akses aplikasi. Jadi, perlu rajin membersihkannya, dengan cara:

  • Masuklah ke menu “Pengaturan.”
  • Klik menu “Aplikasi.”
  • Pilih pada opsi “Aplikasi Terinstal.”
  • Scroll untuk menemukan Instagram, lalu klik.
  • Cari pilihan “Hapus Cache”, klik.
  • Selanjutnya lakukan restart pada Instagram.

Cara tersebut bisa mengatasi error dengan notifikasi ‘Bahasa sedang beralih ke Indonesia”. Kalian pun bisa mengakses Instagram kembali.

2. Instal Ulang Aplikasi

Apabila cara sebelumnya tidak berhasil, terpaksa kalian harus menghapus instalasi Instagram tersebut. Setelah terhapus, bersihkan sampah yang tersisa. Apabila sudah, silakan download kembali melalui Play Store maupun App Store.

Istilah-Istilah dalam Instagram

Berbicara mengenai bahasa, tentu tidak akan lepas dari istilah. Jika kalian enggan mengubah preferensi bahasa, maka penyebutan yang ada akan tetap berbahasa Inggris. Jadi, perlu juga memahami beberapa kata pentingnya.

1. Username

Ini termasuk istilah yang pertama kali bakal kalian temui saat main Instagram. Arti harfiahnya adalah nama pengguna. Maknanya merupakan suatu nama akun yang unik dan hanya bisa digunakan oleh satu orang saja.

2. Follow

Satu lagi istilah yang terkenal di Instagram, yaitu Follow. Artinya adalah ikut. Ada juga kata turunannya, Following yang artinya mengikuti dan followers berarti pengikut.

Jadi dalam instagram, akun yang menjalin pertemanan bersifat sebagai pengikut dan mengikuti. Karena terpisah, biasanya jumlah keduanya dapat berbeda.

3. Activity Feed

Istilah selanjutnya ini memiliki makna aktivitas yang terjadi pada akun. Kalian akan mendapatkan notifikasi pada halaman ini. Biasanya notifikasi tentang followers baru, like, komentar, atau mention (penyebutan).

4. Biography (Bio)

Instagram juga bisa berfungsi sebagai media branding pribadi maupun bisnis. Oleh sebab itu, para pengguna berlomba mengoptimalkan bio ini. Letaknya adalah di bagian profil, sehingga followers bisa langsung melihat deskripsi singkat tersebut.

Tipsnya adalah membuat bio yang ringkas, menarik, dan unik. Namun, tetap harus bisa menggambarkan citra pemilik akun.

Masih banyak lagi istilah berbahasa asing di IG. Jadi, supaya tidak terkendala, ada baiknya kalian tahu cara mengubah bahasa di Instagram menjadi Indonesia saja.

Leave a Comment