Cara Menambahkan Lagu Sendiri di TikTok Mudah dan Praktis

Mau video kalian beda dari yang lain? Salah satu caranya adalah dengan memakai suara orisinal. Bagaimana cara menambahkan lagu sendiri di TikTok?

Ada banyak alasan mengapa orang ingin memakai musik sendiri ketika memposting videonya. Di antaranya agar tampak keren, khas, dan berbeda dari yang lain.

Nah, buat kalian yang pengin juga tapi bingung bagaimana cara menambahkan suara sendiri di TikTok, simak tutorialnya berikut.

Cara Membuat Suara Sendiri di TikTok

Umumnya, user akan memakai musik dari pustaka TikTok untuk membuat konten lebih menarik. Tapi ada juga yang mengimbuhi suara dari musik yang tengah viral dan trending atau memilih menggunakan suara orisinal buatan sendiri.

Dengan begitu konten terlihat lebih unik dan berbeda. Untuk cara menambahkan suara sendiri di TikTok App dapat ikuti cara di bawah ini.

  • Buka Aplikasi TikTok

Bukalah aplikasi TikTok yang ada di handphone kalian. Lalu, klik icon + yang posisinya ada di tengah untuk menambahkan video dan suara baru.

  • Unggah dan Pilih Pengisi Suara
  • Setelahnya, akan muncul tampilan baru berupa posting video. Unggah video yang ingin kalian tambahkan suaranya atau rekam melalui tombol merah.
  • Screenshot dari TikTok
  • Selanjutnya, tap bagian atas menu “Tambah Suara”. Kemudian, atur volume menjadi 200% untuk menangkap suara di sekitar.
  • Screenshot dari TikTok
  • Lalu, tap Selesai dan Berikutnya untuk memproses video.

 

  • Posting Konten

Terakhir, adalah halaman posting. Kalian bisa menuliskan keterangan atau deskripsi, tagar, penyebutan untuk teman, atau tambah video lagi.

Di halaman ini juga, kalian dapat mengatur siapa yang bisa menonton video, boleh pengguna manfaatkan untuk video duet atau tidak, Stitch, komentar, juga bagikan ke sosial media lain.

Cara Menambahkan Sound di TikTok Melalui Playlist

Apabila lagu tersedia dalam playlist TikTok, kalian tidak perlu lagi mengunggah suara baru.

Selengkapnya, begini cara menambahkan musik sendiri di TikTok.

  1. Pertama, masuklah ke beranda TikTok, kemudian tap + yang posisinya di tengah untuk menciptakan video baru.
  2. Setelahnya, unggah atau rekam sendiri video baru yang hendak kalian posting. Lanjutkan dengan “Tambahkan Suara”, tetapkan suara yang ada dalam daftar.
  3. Kalian bisa memilih dari daftar putar viral atau lainnya. Juga bisa mengambil dari daftar favorit.
  4. Selanjutnya, kalian bisa mengatur video kalian sedemikian rupa memanfaatkan fitur yang ada. Seperti mempercepat, membalikkan kamera menjadi kamera belakang, dan lain-lain.

Setelah semua pas, kalian tinggal posting dan atur bagaimana perilisan video.

Selain dua cara di atas, kalian juga bisa memanfaatkan software pihak ketiga untuk mengedit video kemudian kalian unggah ke TikTok. Seperti aplikasi BeeCut atau LightMV.

Cara Rename Sound di TikTok

Ketika kalian menciptakan musik sendiri untuk TikTok, pasti kalian juga harus memberikannya nama. Nah, untuk cara mengubah nama musik di TikTok, berikut caranya.

  • Pemberian nama ini berfungsi sebagai pemberian hak cipta atau kredit sound TikTok.
  • Pertama-tama, persiapkan video dan musik yang ingin kalian upload ke TikTok. Selanjutnya, sewaktu mengunggah video maka namanya secara otomatis akan berubah menjadi original sound dengan diikuti nama akun TikTok milik kalian.
  • Setelah terunggah, masuklah ke profil kalian dan klik video tersebut.

Bukalah video tersebut hingga menampilkan layar penuh. Setelah terbuka, klik simbol sound yang berada pada urutan terakhir di kanan bawah. Kemudian layar akan menunjukkan rincian dari suara. Di sampingnya, ada simbol pensil.

Nah, melalui simbol ini kalian bisa mengganti nama sound. Selesai kalian ubah, simpan kembali dan nama tampilan suara pun ikut berubah.

Itulah cara menambahkan lagu sendiri di TikTok sekaligus mengubah namanya. Enggak ribet karena sekalian bikin video. 

Leave a Comment