Cara Membuat Link WhatsApp di Instagram Profil bagi Pemula

Bagaimana cara membuat link WhatsApp di Instagram?

Instagram bukan lagi sekadar media sosial. Melalui aplikasi ini, kalian bisa meraup keuntungan dengan membuka akun profesional dan berbisnis. Namun bagi pemula, bisa jadi kurang mengenal berbagai fitur yang ada di IG.

Salah satunya adalah fitur untuk membuat pelanggan potensial mudah menghubungi bisnis dengan nomor WA yang tercantum.

Cara Menambahkan Nomor WhatsApp di Bio Instagram

Menambahkan WhatsApp di Instagram merupakan salah satu jembatan bagi pengguna untuk menghubungi bisnis kalian dengan mudah. Cukup datang ke bio dan klik, pengguna bisa menghubungi kalian.

Tampilannya akan seperti gambar di atas. Ketika kalian menambahkan detail informasi kontak maka di profil akan muncul tombol “Kontak” di bawah bio IG.

Kontak ini berisi:

  • Nomor teks alias nomor yang bisa pengguna lain kirimi pesan teks biasa atau SMS.
  • Email.
  • Nomor WhatsApp, yang apabila kalian klik bisa langsung menuju ke WhatsApp.

Nah, penasaran bagaimana menambahkan kontak WhatsApp seperti ini?

Berikut tutorial cara membuat link WhatsApp di bio IG plus dengan gambar di setiap langkahnya.

  • Akun Instagram Profesional

Sebelum masuk ke cara membuat link WhatsApp di bio Instagram, kalian perlu mengganti akun kalian menjadi akun profesional terlebih dahulu.

Untuk mengalihkan akun menjadi akun bisnis, bukalah profil, tap garis tiga di sisi kanan atas. Kemudian, gulir ke bawah sampai menemukan opsi “Switch to Professional Account”.

  • Edit Profile
  1. Tampilan pada akun Instagram biasa dengan akun bisnis berbeda. Di akun profesional, kalian akan mendapatkan beberapa keuntungan, seperti adanya dasbor profesional yang berisi sumber informasi untuk bisnis.
  2. Selanjutnya, tap “Edit Profil” yang tombolnya ada di bawah bio IG.
  3. Di menu ini, kalian bisa mengganti foto profil, nama, username, menambahkan situs web, deskripsi singkat terkait bisnis atau bio IG, dan penambahan informasi bisnis publik lain.
  4. Untuk menambahkan nomor WhatsApp, gulir menu sampai bawah hingga bertemu dengan “Opsi Kontak”.
  5. Di pilihan menu inilah kalian bisa menambahkan nomor WhatsApp.
  6. Sebelum menambahkan nomor WhatsApp, perlu kalian garis bawahi bahwa hanya nomor WhatsApp Business yang dapat kalian sinkronisasikan dengan akun IG.
  7. Jadi, apabila ingin menambahkan nomor WhatsApp, ubah dulu nomor kalian menjadi nomor WhatsApp bisnis.
  8. Setelahnya, masukkan detail informasinya. Kalian bisa menambahkan email, nomor telepon biasa, alamat sesuai Maps, juga nomor WhatsApp Business.
  9. Terakhir, aktifkan “Tampilkan Info Kontak” untuk mengaktifkan tombol kontak di bio.

Manfaat Menambahkan Nomor WhatsApp di Bio IG

Dengan menambahkan nomor WA ke profil IG, kalian akan mendapatkan beberapa manfaat, di antaranya:

  • Mempercepat Penjualan

Hal ini karena pelanggan bisa dengan mudah mengeklik kontak kalian dan langsung terhubung dengan nomor WhatsApp tanpa perlu repot pindah aplikasi dan menulis nomor.

  • Meningkatkan Loyalitas

Adanya nomor WhatsApp yang juga akun bisnis akan memberikan rasa kepercayaan lebih tinggi dari nomor biasa. Dengan begitu pelanggan akan tahu bahwa akun tersebut benar-benar profesional.

  • Meningkatkan Pelayanan

Terakhir, meningkatkan pelayanan pelanggan. Kadang, admin tidak selalu siap siaga 24 jam di media sosial. Dengan adanya nomor WhatsApp, pelanggan bisa mendapatkan pelayanan lebih cepat dan pengalaman baru. Hal ini karena pasti siapa pun membuka aplikasi perpesanan ini lebih sering daripada aplikasi lain.

Itulah manfaat dari penambahan nomor WA ke profil IG. Buat kalian yang ingin menambahkannya juga, ikuti langkah-langkah cara membuat link WhatsApp di Instagram di atas, ya. Mudah dan cepat.

Leave a Comment