Cara Membatalkan Pesanan di TikTok Shop yang Sudah Dibayar

Sudah membayar pesanan di TikTok namun kalian ingin membatalkannya? Ada cara membatalkan pesanan di TikTok Shop yang bisa kalian lakukan meski sudah membayarnya. Namun pembatalan tidak bisa kalian lakukan secara sepihak karena ada sejumlah syarat mengenai pengembalian dana di TikTok Shop. 

Ketentuan pembatalan pesanan ini bergantung di tahap apa kalian membatalkan transaksi pembelian. Pembatalan untuk pesanan yang belum kalian bayar dengan yang sudah terbayarkan akan berbeda.

Agar lebih jelasnya, simak penjelasan tentang cara cancel pesanan di TikTok shop berikut ini agar uang kalian bisa kembali.

Ketentuan Cancel Orders di TikTok Shop

Di TikTok shop, terdapat ketentuan yang harus kalian perhatikan apabila terpaksa  melakukan pembatalan pesanan. 

  1. Pembatalan pesanan hanya bisa kalian lakukan sebelum status pesanan berubah menjadi “Siap Dikirim”. Sehingga tidak tersedia cara membatalkan pesanan di TikTok Shop untuk barang yang sudah dikirim. Hal yang sama juga berlaku untuk cara membatalkan pesanan di TikTok Shop untuk status yang masih menunggu penjemputan dari pihak kurir. 
  2. Apabila ingin membatalkan pesanan setelah melakukan pembayaran, selama masih kurang dari satu jam, pelanggan tidak perlu meminta izin penjual. Kalian hanya perlu mengikuti cara dalam artikel ini. 
  3. Sedangkan apabila lebih dari 5 hari setelah pembayaran, status pesanan tidak juga berubah, kalian bisa melakukan pembatalan sepihak. Alasannya karena penjual melakukan “keterlambatan pengiriman”. Penjual pun harus segera memprosesnya 2×24 jam jika tidak ingin terkena banned dari pihak TikTok.
  4. Kondisi lainnya adalah membatalkan pesanan untuk barang yang belum terbayarkan. Cara membatalkan pesanan di TikTok Shop untuk barang  yang belum  dibayar sebenarnya akan secara otomatis diproses.

Jika pesanan tidak kalian bayarkan dalam waktu 2×24 jam maka pemesanan barang tersebut secara otomatis akan batal menurut sistem. 

Namun bisa juga kalian lakukan secara manual dengan masuk ke menu “Pemesanan” dan klik “Cancel” pada pesanan yang berstatus “Awaiting Payment”. Selanjutnya, kalian perlu menjelaskan kepada TikTok mengapa transaksi pembayaran tidak jadi pada kolom “Tell us Why You Cancelled”.

Sering muncul juga pertanyaan, kenapa tidak bisa membatalkan pesanan di TikTok shop? Kemungkinan hal itu karena penjual tidak menyetujui pengajuan pembatalan pesanan karena barang sudah terlanjur dikirim ke alamat pembeli.     

Cara Membatalkan Pesanan di TikTok Shop yang Sudah Dibayar

Masih ada cara untuk membatalkan pesanan di TikTok Shop yang sudah dibayar. Namun syaratnya, kalian perlu menjelaskan alasannya dengan tepat kepada pihak penjual. Berikut langkah-langkah yang perlu kalian lakukan.

  1. Buka aplikasi TikTok dan masuk ke bagian halaman profil. Klik tombol 3 garis horizontal di kanan atas untuk masuk ke menu “Setting and Privacy”.
  2. Lalu pilih menu “Orders” dan buka riwayat transaksi atau chat kalian dengan pihak penjual.
  3. Pembatalan pesanan untuk barang yang sudah terbayarkan hanya bisa kalian lakukan dengan melakukan permohonan kepada pihak penjual agar proses pembatalan bisa dilakukan.

Format permohonan pembatan bisa kalian buat dengan mencantumkan informasi berupa nama akun, jenis barang, jumlah, harga, dan nomor pesanan. Kemudian sertakan juga alasan pembatalan agar pihak penjual menyetujui. 

  1. Setelah itu, tunggu status pembatalan dari pihak penjual ke TikTok. Apabila TikTok setuju, maka pesanan secara otomatis akan batal dan uang segera dikembalikan.
  2. Kalian bisa memantau status pengembalian dana atau barang di menu “Returns” yang berada di paling kanan pada kolom “Your Orders”.

Sementara untuk cara membatalkan pesanan di TikTok shop lewat pembayaran COD (cash on delivery), langkahnya kurang lebih sama dengan penjelasan di atas. 

Seperti itulah cara membatalkan pesanan di TikTok shop untuk barang yang sudah kalian pesan. Pastikan memenuhi syarat dan ketentuan yang ada agar uang bisa tetap kembali.

Leave a Comment