Cara Live di TikTok, Tambah Penghasilan Lewat Gift Penonton

Tidak semua pengguna tahu cara live di TikTok. Ada beberapa syarat yang harus kalian penuhi agar bisa melakukan siaran langsung di aplikasi buatan developer ByteDance ini. 

Kenapa sih, penting untuk tahu cara live di Tiktok? Sebab tdak hanya menciptakan tren-tren baru, ternyata TikTok juga bisa menjadi sumber  penghasilan kalian, lho. Lewat fitur siaran langsung di TikTok, kalian bisa menyapa para follower, live gaming, atau berjualan secara online untuk mendapatkan gift dari penonton.

Lalu, bagaimana cara supaya pengguna live di TikTok? Kemudian, apa saja syarat agar bisa live di TikTok? Tenang saja, semua pertanyaan itu akan kami bahas dalam artikel ini.

Syarat  dan Tips agar Bisa Live di TikTok

Ada beberapa syarat yang harus pengguna TikTok penuhi agar bisa melakukan siaran langsung di aplikasi ini. 

  1. Fitur live streaming saat ini hanya bisa dilakukan oleh pengguna dengan usia di atas 16 tahun saja. Meski begitu, pengguna TikTok hanya baru bisa mendapatkan gift dari penonton ketika sudah memasuki usia 18 tahun.
  2. Syarat lainnya adalah jumlah followers harus lebih dari 1.000. Dengan syarat ini, memang cara live di TikTok bagi pemula tidak bisa dilakukan sembarang orang.
  3. Syarat terakhir, patuhi aturan main dari TikTok saat melakukan siaran langsung.

Untuk tips mengoptimalkan cara live di TikTok agar banyak yang nonton, kalian bisa memanfaatkan fitur hashtag agar bisa masuk ke FYP pengguna lain. 

Lalu, buatlah konten-koten dengan topik yang menarik secara konsisten agar followers kalian terus bertambah.

Tips lainnya adalah jangan menjadi TikTokers yang tertutup dan malas membalas semua komentar dari pengguna lain. Sebab, ini akan menjadi penilaian penting dari TikTok kepada akun kalian.

Cara Melakukan Siaran Langsung di TikTok

Apabila kalian termasuk pengguna yang memenuhi syarat di atas, fitur live artinya sudah bisa kalian gunakan untuk menyapa para pengikut di TikTok. 

Untuk dapat melakukan siaran langsung, simak cara live TikTok di Android berikut ini yang bisa kalian coba.

  1. Tentu yang perlu kalian lakukan di awal adalah menginstal aplikasi TikTok di Android dengan memenuhi syarat di atas.
  2. Setelah masuk ke aplikasi TikTok, klik tanda tambah (+) di tengah layar untuk menggunakan fitur live streaming. Selanjutnya, pilih opsi Live yang bisa kalian klik pada menu yang tersedia.
  3. Siaran langsung di TikTok sudah mulai secara otomatis. Namun apabila fitur live belum menyala secara otomatis, swipe up menu di bawah tombol perekam.
  4. Sebelum memulai live, beri judul dan caption yang menarik pada kegiatan streaming kalian hari ini agar penonton yang datang terlambat tidak kebingungan.
  5. Apabila semuanya sudah siap, klik tombol “Go Live” atau “Mulai Siaran Langsung” seperti pada gambar di atas.
  6. Sementara untuk cara live bareng di TikTok, Anda bisa mengklik fitur “Daftar Host” di sudut kiri bawah”, lalu klik “Undang” untuk memilih rekan duet kalian.
  7. Selama siaran langsung, kalian juga bisa menggunakan fitur-fitur menarik seperti menambahkan filter pada wajah Anda. Kemudian pastikan koneksi internet stabil selama live.
  8. Akhiri video siaran langsung dengan menekan tombol off atau “Akhiri Sekarang”. Ringkasan live streaming akan muncul setelah itu. Ringkasan tersebut mengenai berapa jumlah gift, like, dan penonton yang datang.

Sementara untuk pengguna TikTok di bawah 1.000 followers, ada cara rahasia tapi legal yang bisa kalian lakukan, lho. Cara agar bisa live di TikTok tanpa 1.000 followers adalah dengan menggunakan fitur “Live Host” pada menu “Live/payments and reward”. 

Berikut cara yang bisa kalian lakukan:

  1. Masuk ke bagian pengaturan di halaman profil. 
  2. Cari pilihan “Report a Problem”,  kemudian pilih menu “Live/payments and reward”. 
  3. Selanjutnya pilih “Live Host” dan klik tap opsi “I can start live”.

Ingin tahu cara live jualan di TikTok? Mudah. Kalian hanya perlu memilih fitur “Go Live” di bagian halaman utama aplikasi TikTok.

Nah, mudah bukan cara live di TikTok? Selama syarat-syarat di atas terpenuhi, kalian  bisa melakukan siaran langsung di aplikasi TikTok.

Leave a Comment