News  

Inilah 4 Bansos Baru di 2022, Ada BLT Subsidi Gaji?

bansos 2022
Banner Iklan Sariksa

Beritakito.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) setujui 4 Bansos Baru di 2022 program baru dalam Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) 2022. Anggaran PEN 2022 yang disediakan Pemerintah mencapai Rp414,1 triliun.

“Di tahun 2022 ini, alokasi program PEN yang akan kami dorong yaitu Rp414,1 triliun,” ujar Airlangga dalam acara Refleksi Capaian 2021 dan Outlook Ekonomi 2022 di Jakarta.

Keempat program baru dalam PEN 2022 tersebut antara lain, subsidi bunga kredit usaha rakyat (KUR), perluasan serta percepatan penyaluran program Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung (BT-PKLW).

Bansos

4 Bansos Baru di 2022

Ada juga insentif pajak pertambahan nilai (PPN) ditanggung pemerintah (DTP) untuk perumahan dan insentif pajak penjualan barang mewah (PPnBM) DTP untuk otomotif.

Namun, BLT subsidi gaji tidak termasuk ke dalam empat program itu. Direktur Jenderal PHI Kementerian Ketenagakerjaan Indah Putri Anggoro mengatakan keputusan berada di tangan Komite PEN.

“Keputusan di Komite PEN,” kata Indah kepada Okezone, Jakarta.

BLT subsidi gaji sebenarnya banyak dinantikan para pekerja. Pasalnya, bantuan senilai Rp1 juta yang termasuk ke dalam klaster perlindungan sosial itu telah membantu biaya hidup para pekerja terdampak PPKM.