Berita  

Beberapa daerah di Mamoju-gun dibanjiri banjir.

Sejumlah kawasan di Kabupaten Mamuju terendam banjir

Mamuju (ANTARA) – Sejumlah wilayah Kabupaten Mamuju di negara bagian Sulawesi Barat diguyur hujan dari wilayah tersebut sepanjang Sabtu siang dan malam.

Dari Mamuju hingga Sabtu malam, kecuali kota Mamuju, dilaporkan terjadi banjir cukup besar, antara lain jalan Trans Sulawesi di jalan poros kecamatan Kalukku dan jalan poros Kalukku dengan kecamatan Bonehau.

Muhammad Arif Anwar, Kepala Badan Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Mamuju, mengatakan Sabtu, “Kami telah mengerahkan tiga tim untuk membantu masyarakat yang terkena dampak banjir.”

Baca Juga: 93 Warga Desa Toabo Dievakuasi Akibat Banjir.

Selain menutup jalur lintas Sulawesi, banjir juga membanjiri pemukiman warga Dusun Suka Maju di Desa Toabo kawasan Papalang.

Selain menutup akses jalan dan membanjiri pemukiman warga, hujan deras yang melanda wilayah Kabupaten Mamuju juga merobohkan banyak pohon.

Baca juga: Dataran Pasang Surut Terendam di Mamuju. Orang-orang perlu waspada.

Sementara itu, Direktur Utama Amri Ekasakti (BPBD) Susuklawesi mengatakan, “Selain di wilayah Mamuju, dampak curah hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang juga meluas ke Mamasa dan Mamasa.” Kabupaten Magen.

Amri Ekasakti mengatakan, “Penyebab banjir di berbagai titik di Kabupaten Mamuju hingga Kabupaten Majene dan Mamasa adalah dari hujan sedang hingga lebat yang berlangsung lebih dari dua jam.”

Baca Juga: Banjir Tsunami Membanjiri Perumahan dan Rumah Sakit Mamuju

“Kondisi ini diperkirakan akan berlanjut hingga sekitar pukul 20.00 WITA pada Sabtu malam,” tambahnya.

Banyak wilayah yang terendam banjir di Kabupaten Mamuju, termasuk wilayah Mamunyu, terkena dampak dua desa: Dusun Bambu dan Timuki serta lingkungan Kalubibing Desa Mamunyu, Desa Bambu.

Baca juga: Banjir Banjir Ratusan Rumah di Sulvar Mamuju

Sementara itu, di Desa Kalukku, banjir melanda Dusun Rantedango di Desa Sondoang dan dua desa di Dusun Kumala dan Desa Belang-Belang.

Meski belum ada laporan adanya korban jiwa akibat banjir yang melanda beberapa wilayah di Kabupaten Mamuju, namun BPBD Kabupaten Mamuju beserta pihak terkait masih memantau kondisi banjir di beberapa titik.

“Kami dan pihak terkait masih memantau banyak titik banjir,” kata Amri Ekasakti.

BACA JUGA: Setelah 3 Jam Diguyur Hujan, Membanjiri Mamuju.

Reporter: Amirula
Redaktur: Tunggul Susilo
HAK CIPTA © ANTARA 2022