News, Tekno  

Apa Itu FYP Pada TikTok? Yuk Kita Bahas Bersama!

Banner Iklan Sariksa

BERITAKITO.ID – Setelah sebelumnya kami membahas perbedaan antara Instagram Reels dan TikTok, kali ini kita akan membahas hal yang spesifik pada TikTok. Sebagai sebuah platform yang memfokuskan pada berbagi video singkat, aplikasi satu ini ternyata cukup banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia.

Hal ini dapat dibuktikan dengan semakin banyaknya orang yang turut menggunakan TikTok untuk sekedar mengisi waktu mereka. Tidak hanya itu, aplikasi ini pun juga kerap digunakan untuk have fun bersama teman, atau bahkan sekedar iseng membuat konten yang menarik sendiri.

Buat yang sudah sering atau kerajingan TikTok tentunya sudah mengerti dengan istilah FYP ini. Namun, ternyata tak sedikit yang mengerti apa itu FYP pada platform berbagi video singkat TikTok ini. Oleh karena itu, berikut kami rangkum semua yang tentunya ingin kalian ketahui, yuk check it brott!

Apa Itu FYP?

Tiktok Batasi Waktu 1

Buat yang belum tahu, For You Page (FYP) dapat kita artikan sebagai rekomendasi beberapa video yang sekiranya cocok dengan seleramu. Umumnya, FYP ini menampilkan beberapa video berdurasi pendek yang muncul di timeline saat kamu pertama kali membuka TikTok. Dari sini dapat kita simpulkan bahwa FYP merupakan beranda dari platform berbagi video ini.

Tentu, video yang kerap kali direkomendasikan atau muncul di FYP bukanlah video random, melainkan memang akan menyesuaikan dengan preferensi penggunanya. Sehingga, dapat dipastikan bahwa video yang muncul tidak mungkin akan ditampilkan secara persis, karena faktor kecil pun akan mempengaruhi hasil.

Hal ini dimotori oleh penggunaan algoritma pada TikTok yang diklaim lebih sempurna dibanding para kompetitornya untuk menampilkan video yang relevan. Hal ini tentu akan sangat membantu para content creator untuk mendapatkan pasarnya sendiri, yang tentunya sesuai dengan selera para viewers.

Cara Kerja FYP Pada TikTok

8 Fitur Live Terbaru Tiktok

For You Page (FYP) tentu tidak bekerja sendiri layaknya ucapkan sim salabim, karena semua tentu membutuhkan proses yang tidak mudah. Fungsi algoritma pada TikTok memiliki peran yang sangat vital dalam memilih konten mana yang sekiranya akan disukai oleh para penggunannya.

Hasil tersebut tentu akan berpatokan pada interaksi yang dilakukan pengguna, informasi terkait video yang disukai, dan pengaturan akun dari pengguna. Hal inilah yang sekiranya diperlukan oleh algoritma TikTok untuk mengetahui secara lebih dalam tentang selera para penggunanya secara tidak langsung.

Konten apa yang disukai, video apa yang sering di-share, siapa saja yang mereka ikuti, komentar apa yang mereka ketik, konten yang diunggah, semuanya akan masuk ke dalam perhitungan algoritma TikTok.

Oleh karena hasil pada rekomendasi yang memang sudah personalized, namun menurut kami hasil yang dicapai masih sedikit random. Hal ini bukan tanpa sebab, mengingat adanya faktor preferensi pengguna yang menyukai semisal smartphone A, tentu tidak akan sama dengan smartphone B.

Tersedianya opsi ‘tidak tertarik’ dapat menyembunyikan konten tertentu yang kurang relevan juga menjadi faktor loh, brott. Setidaknya, ini menjadi salah satu faktor mengapa algoritma pada platform berbagi video ini terkesan lebih personal. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa konten yang dimunculkan di FYP juga bukan berdasarkan apa yang sedang populer saat ini.

Hashtag Fyp

Memang, secara teori penggunaan hashtag #FYP dapat mendongkrak sebuah postingan, namun tentu masih harus berpedoman dengan apa yang trending sekarang. Hal ini bertujuan untuk semakin memudahkan penetrasi dan penyebaran konten yang nantinya kamu buat agar relevan dengan minat orang banyak.

Fungsi FYP

Cara Live Tiktok A

Hemat kami, fungsi dari FYP ini bertujuan untuk memudahkan penyebaran konten-konten dari dan ke pengguna lainnya dengan interest yang sama. Fungsi FYP ini sebenarnya kurang lebih sama dengan Instagram, namun tidak terbatas hanya pada teman atau circle-mu saja. Sehingga, penyebaran konten yang kamu buat tidak terbatas hanya pada circle-mu saja.

Sebenarnya tidak banyak hal yang dapat kami simpulkan dari fungsi FYP ini, karena semuanya telah dijelaskan di atas. Intinya, For Your Page (FYP) ada untuk dapat memudahkan para content creator dalam mendapatkan audiensnya sendiri.

Apakah Ada Cara Untuk Masuk FYP TikTok?

Lagu Tiktok

Berdasarkan semua informasi yang kami rangkum sebelumnya, jawabannya tentu ada, namun tidak ada cara pasti untuk langsung bisa masuk FYP. Hal ini disebabkan oleh algoritma pada TikTok itu sendiri yang menurut kami cara kerjanya memang benar-benar disesuaikan dengan selera pengguna.

Namun, untuk mempermudah kalian dalam mencapai apa yang kalian inginkan, berikut adalah cara mudah untuk masuk FYP, menurut kami tentunya.

1. Mainkan Kreativitasmu

Kreativitas Tiktok

Siapa yang tidak suka dengan konten yang menarik dan ‘kreatif’? Mainkan imajinasimu, buat pendekatan yang sekiranya belum pernah dilakukan oleh orang lain untuk mendapatkan FYP, brott!

Semakin kreatif idemu, semakin besar pula peluang yang dapat kamu raih untuk mendapatkan FYP. Konten dengan tingkat kreativitas tinggi tentu dapat dengan mudah untuk mendapatkan like dan share dibanding konten yang hanya sekedar ‘kreatif’.

2. Berikan Konten Yang Berkualitas

Kualitas Tiktok

Ini merupakan salah satu faktor terpenting untuk menyabet FYP di platform berbagi video TikTok loh, brott. Tidak perlu takut atau minder dalam menyajikan konten yang berkualitas, karena konten ini malah lebih laku dibanding sekedar menjual ‘kualitas’. Berpatokan dengan sesuatu yang trending itu sah-sah saja, namun gunakan pendekatan yang lebih berkelas.

Hal yang terkadang dianggap remeh ini bisa menjadi jalan pintasmu untuk mendapatkan FYP dengan mudah berkat kualitas yang kamu tawarkan. Tidak melulu kamu harus mengikuti tren saat ini yang hanya sekedar membuat tertawa, kamu bisa mencoba pendekatan ala kamu sendiri.

Bila kamu bingung untuk memulainya dari mana, cobalah untuk membuat konten yang menghibur, namun tidak alay. Kamu tidak perlu memaksakan diri untuk mengikuti orang lain, karena hal ini justru akan menghilangkan orisinalitas yang dapat kamu sajikan.

Musik Tiktok

Nah, untuk yang satu ini boleh kamu pertimbangkan juga, brott. Tidak ada salahnya dalam menggunakan musik yang sedang trending sekarang, karena justru memang memudahkan kamu dalam meraih FYP.

Kamu bisa mulai mencari referensi berdasarkan FYP saat ini yang menggunakan musik tertentu untuk dapat kamu terapkan pada kontenmu nantinya. Meskipun konten yang kamu buat nantinya kurang sesuai dengan lagu tersebut, kami perhatikan bahwa hal tersebut tidak berdampak sama sekali.

4. Gunakan Tagar FYP

Tiktok2

Cara lain yang tentunya bisa kamu coba dengan mudah adalah dengan menggunakan hashtag FYP. Sebenarnya, penggunaan hashtag di platform berbagi video ini kurang memiliki impact, karena hasil akhirnya akan selalu disesuaikan dengan preferensi masing-masing pengguna, brott.

Namun cara ini tidak ada salahnya kamu coba, karena berdasarkan pengamatan kami, konten yang seringkali masuk FYP memang menggunakan hashtag. Jadi, cara yang menurut kami paling mudah ini tidak ada salahnya untuk kamu terapkan.

5. Perhatikan Jam FYP Yang Ideal

Prime Time Tiktok

Selain keempat cara di atas, cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan memperhatikan kapan harus posting. Percaya atau tidak, namun memanfaatkan waktu FYP secara ideal akan dapat mendongkrak postinganmu, brott. Hindari memposting pada saat yang kurang tepat, semisal jam 6 pagi, karena siapa yang akan menontonnya?

Kesimpulan

Nah, kira-kira itulah semua informasi yang berhasil kami rangkum untuk membahas apa itu FYP untuk kalian. Dengan menerapkan hal-hal di atas, tentunya kalian sudah mendapatkan gambaran untuk menyabet FYP pada platform berbagi video TikTok, bukan? Semoga informasi ini bermanfaat buat kalian, ya brott!