7 Kebiasaan Bocil Ketika Main di Rental PS pada Zaman Tempo Dulu

BERITAKITO.ID – Siapa disini yang dulunya sering pergi main rental PS saat masih bocil atau anak-anak? Kebanyakan orang-orang yang sekarang berumur 21 tahun ke atas atau yang lahir di tahun 90-an merasakan bagaimana serunya bermain rental PS1 dan PS2 sendirian dan juga bersama teman. Berbagai macam video game telah mereka mainkan mengisi waktu kosong pada saat masih kecil, termasuk saya salah satunya.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas topik nostalgia bagi para gamer mengenai 7 kebiasaan bocil main di rental PS yang ada di Indonesia pada zaman tempo dulu. Kebiasaan-kebiasaan dalam daftar ini berdasarkan pengalaman pribadi penulis dan juga mungkin terjadi juga pada kalian pada saat bermain rental PS dulu.

Inilah 7 kebiasaan bocil ketika main di rental PS yang ada di Indonesia pada zaman tempo dulu!

1. Rebutan PS, Rela Datang Cepat

Rental Ps 1

Kebiasaan pertama bocil ketika main di rental PS dalam daftar ini adalah ketika mereka rebutan PS dan buru-buru datang lebih cepat. Biasanya mereka dan juga saya sendiri melakukan hal ini agar bisa mendapatkan PS yang kosong belum dimainkan orang lain. Bahkan tak sedikit pula mereka yang minta booking duluan PS-nya kepada pemilik tempat rental untuk besok hari atau lusa.

2. Diam-diam Ambil Remote TV, Ubah Sleep Timer

Rental Ps 2

Selanjutnya adalah kebiasaan para bocil diam-diam mengambil remote TV PS untuk mengubah Sleep Timer mereka. Hal ini lumayan sering dilakukan oleh para bocil pada zaman dulu di berbagai tempat rental PS. Saya sendiri pun sering melihat perbuatan ini di rental PS dekat rumah dimana para bocil diam-diam mengambil remote yang tidak disimpan atau tidak diawasi pemilik/penjaga dan mengubah Sleep Timer TV-nya.

Setelah mereka mengubah Sleep Timer TV, para bocil ini meletakkan kembali remote tersebut di tempat semula. Biasanya pemilik atau penjaga rental PS yang tidak waspada terhadap perilaku seperti ini bakal sering dilakukan para bocil.

3. Seribu Alasan ketika Durasi Main PS Sudah Mau Habis

Rental Ps 3

Kebiasaan selanjutnya pasti sering dilakukan oleh banyak orang ketika masih bocil, yaitu memberikan seribu alasan kepada pemilik atau penjaga rental ketika durasi main PS sudah mau habis. Kebiasaan ini juga sering saya lakukan pada waktu itu ketika sedang serunya bermain PS ataupun sedang buru-buru mau save game.

Biasanya pemilik atau penjaga rental PS bakal kasih kesempatan kepada mereka. Namun tak sedikit pula mereka bersikap bodo amat dan tetap mengawasi TV PS yang dimainkan para bocil yang bentar lagi mau habis.

4. Minta Cheat atau Password Game kepada Sepuh

Rental Ps 4

Kalian pasti pernah menemukan ataupun merasakan sendiri ketika dikerumuni orang-orang ketika mengetahui dan hafal cheat atau password game. Ketika seseorang mengetahui cheat atau password game, mereka pasti dikerumuni para bocil yang penasaran.

Saya sendiri pernah menjadi salah satu bocil tersebut ketika menanyai cheat atau password game seperti Nascar Rumble dan Vigilante 8 di PS1 kepada abang-abang “sepuh” yang biasa main di rental PS dekat rumah. Setelah itu saya pun menjadi penerus “sepuh” yang membagikan cheat atau password tersebut kepada orang lain.

5. Berharap Dapat Traktiran Main di Rental PS

Rental Ps 5

Kebiasaan bocil ketia main di rental PS zaman tempo dulu selanjutnya adalah menunggu harapan di traktir main PS dari orang lain. Kedengarannya memang sedih ketika anak kecil melihat orang lain main PS dan berharap orang tersebut mengajak dia bermain atau mentraktirnya main. Saya pribadi juga pernah menjadi bocil yang seperti ini.

6. Memantau Sisa Waktu Rental PS Orang Lain yang Belum Habis

Rental Ps 6

Kebiasaan selanjutnya masih berkaitan dengan sebelumnya, yaitu dimana para bocil biasa memantau orang lain main PS. Mereka melakukan ini bertujuan untuk melihat apakah orang tersebut berhenti main PS dan menyisakan waktu rentalnya yang belum habis.

Biasanya bocil pasti sangat senang ketika seseorang berhenti bermain dengan sisa waktu yang masih banyak. Apalagi sisa waktu tersebut masih ada 30 menit ataupun 1 jam. Kenapa saya tahu kebiasaan ini? Karena saya salah satu bocil yang melakukan hal seperti ini pada saat masih kecil dulu.

7. Cabut Sekolah Pergi ke Rental PS (Jangan Ditiru!)

Rental Ps 7

Kebiasaan terakhir dalam daftar ini adalah para bocil ataupun para remaja cabut sekolah dan pergi ke rental PS. Hal ini sering saya temukan dulu pada masa duduk di bangku SD maupun SMP. Apalagi ketika tempat tersebut berada di lokasi yang dekat dengan sekolah mereka. Hal ini membuat pihak guru sekolah selalu melakukan razia untuk mencari anak-anak yang cabut sekolah dan mengumpul di tempat rental PS. Perilaku buruk seperti ini jangan kalian tiru ya anak-anak.

Itulah 7 kebiasaan bocil main rental PS di Indonesia pada zaman tempo dulu. Beberapa kebiasaan dalam daftar ini masih sering terjadi oleh para bocil tapi dengan platform yang berbeda, yaitu warnet. Apakah kalian para abang atau kakak yang telah berumur 21 tahun ke atas dulunya pernah melakukan kebiasaan ini di rental PS pada saat masih kecil?