Berita  

34 DPD dan 78 OKP sepakat Haris Pertama tetap memimpin KNPI.

34 DPD dan 78 OKP sepakat Haris Pertama lanjutkan pimpin KNPI

Jakarta (ANTARA) – Sebanyak 34 Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan 78 Organisasi Kemasyarakatan dan Kepemudaan (OKP) Dewan Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) menyepakati Haris Pertama untuk melanjutkan kepemimpinan KNPI.

Raden Umar, Ketua Pokja Calon Ketua Umum KNPI XVI yang digelar di Jakarta, Sabtu, menjelaskan, di Jakarta, pihaknya telah melakukan penjurian terhadap calon Moderator KNPI sejak pihaknya menerima SK pembentukan KNPI. Panitia acara (SC) Musyawarah Pimpinan Nasional (Rapimpurnas) DPP KNPI, Kongres XVI belum lama ini.

“Sejauh ini belum ada calon Moderator KNPI yang mendaftar. Namun ada surat dukungan tertulis dari 34 DPD KNPI dan 78 OKP yang meminta Haris Pertama untuk kembali menjabat sebagai Moderator KNPI,” kata Raden. Umar.

Dikatakannya, dengan dukungan seluruh DPD KNPI, calon gubernur KNPI akan berstatus lajang, yang akan digelar pada Kongres XVI yang akan digelar di Maluku Utara pada 15-22 Mei 2022.

Karena fakta ini berarti seluruh Ketua DPD KNPI dari seluruh Indonesia telah berkumpul dan mendukung penuh Haris Pertama.

“Sejak menerima SK tersebut, sebenarnya kami sudah membuat kriteria calon moderator KNPI. Salah satu kriterianya adalah setiap calon moderator harus didukung minimal 10 DPD dan 10 OKP untuk mendapat dukungan dari tiga daerah yakni Indonesia Barat, Indonesia Tengah, dan Indonesia Tengah. Indonesia Timur, tapi ternyata seluruh DPD ingin mendapatkan kembali Bung Haris Pertama,” katanya.

Di sisi lain, senior Panitia acara Lomba KNPI XVI Paduan Suara Syarifudin menyatakan, persiapan Lomba KNPI XVI sudah mencapai 80%.

Seluruh pimpinan dan peserta Kongres KNPI berkumpul di Jakarta untuk terbang ke Maluku Utara bersama-sama menghadiri Kongres KNPI XVI.

“Banyak pimpinan DPD KNPI dari berbagai daerah berkumpul di sini. Malam ini kami akan terbang ke Maluku Utara bersama Bung Haris Pertama untuk mengikuti kompetisi XVI,” katanya.

Diakuinya, ada 154 OKP yang menjadi anggota KNPI menurut hasil kompetisi sebelumnya di Bogor, namun pihaknya nantinya akan melakukan verifikasi ulang untuk menyaring OKP tersebut saat memenangkan hak suara pada kompetisi KNPI XVI.

“Tidak semua OKP yang terkumpul memenuhi syarat untuk berpartisipasi sebagai pemilih penuh dengan hak pilih. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, salah satunya OKP minimal 50% dan satu OKP di tingkat lokal. Ada syarat lain. Sekretariat, periodisasi kepengurusan, dll.” kata paduan suara.

Menurut paduan suara, menurut rencana, pleno KNPI XVI akan dibuka oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Bahkan dikabarkan banyak tokoh nasional seperti Akbar Tanjung, Adhyaksa Dault dan lain-lain yang akan membahas masalah kebangsaan akan hadir dalam rapat paripurna KNPI XVI.

“Kontes ini mengangkat tema ‘Sinergi Pemuda, Bangkit Indonesia’. Jadi kontes ini tidak hanya membahas siapa presidennya, tapi juga isu penting lainnya. Kontes ini diaspal dengan Partai Rakyat dan mempertemukan para pemodal dan seniman lokal.” Ini adalah kesempatan untuk memperkuat generasi muda Indonesia,” katanya.

Baca Juga: Ketua Harian: KNPI Tegas Dukung Haris Pertama.
Read More: KNPI siap menjadi yang terdepan dalam program pemerintahan Jokowi.

Reporter: Riley Ramawati
Editor: Achmad Zaenal M
HAK CIPTA © ANTARA 2022